Berita Sidoarjo

Urus Izin di Sidoarjo Sekarang Bisa Sambil Ngemal

Mengurus izin usaha di Sidoarjo tak harus datangi kantor perizinan. Kini, sambil ngemal juga bisa mengurus berbagai perizinan berusaha

Urus Izin di Sidoarjo Sekarang Bisa Sambil Ngemal
surabaya.tribunnews.com/m taufik
Petugas DPMPTSP Sidoarjo saat melayani warga di stand layanan perizinan di Sun City Mal Sidoarjo, Minggu (5/8/2018). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Mengurus izin usaha tidak harus datang ke kantor perizinan. Sekarang, sambil jalan-jalan di mal juga bisa mengurus berbagai perizinan berusaha di Kabupaten Sidoarjo.

Ya, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sidoarjo sudah membuka layanan perizinan di Sun City Mal Sidoarjo.

"Selain untuk memberi layanan sampai malam dan hari Sabtu-Minggu, stand layanan di mal ini kami maksudkan untuk sosialisasi program OSS (Sistem Online Single Submission)," Kata Kepala DPMPTSP Sidoarjo Ari Suryono, Minggu (5/8/2018) sore.

Layanan perizinan di Mal ini sudah dibuka sejak Kamis lalu. Sementara, direncanakan berkahir pada Rabu depan. "Tapi kalau masih banyak yang membutuhkan, stand ini bakal kami perpanjang," lanjutnya.

Baca: Tak Perlu Datangi Kantor Instansi, Perizinan Investasi di Sidoarjo Bisa Diurus Jarak Jauh

Lima hari dibuka, terhitung sudah ada 496 permohonan yang masuk melalui sistem OSS. Dari jumlah itu, mayoritas permohonan adalah proses perizinan lokasi, IMB dan izin lingkungan.

Seperti yang dilakukan oleh Andre, seorang pengusaha bidang perdagangan mesin. Dia memanfaatkan layanan di mal yang sedang berlangsung ini untuk mengurus perpanjangan izin usahanya itu.

Demikian halnya Laurensia Dilawati, pelaku usaha di bidang perdagangan yang juga memanfaatkan perpanjangan izin usahanya melalui stand di Sun City tersebut.

"Smua izin usaha sekarang harus lewat OSS yang terintegrasi secara nasional. Dari situ baru proses di tingkat daerah. Termasuk perpanjangan izin usaha," ujar Ari di sela melayani beberapa warga di stand pelayanan tersebut.

Di stand layanan DPMPTSP tersebut, memang lebih difokuskan pada layanan terkuat OSS yang merupakan program baru. Diantaranya, Informasi tentang OSS, cara pengisian NIB (nomor induk berusaha), perubahan sistem layanan dari sebelumnya lewat Sippadu (sistem perizinan online Pemkab Sidoarjo) ke OSS yang terintegrasi secara nasional.

Dan memang, mayoritas warga yang datang ke stand ini adalah mereka yang butuh informasi terkait perubahan sistem perizinan tersebut. Mereka masih kebingungan dengan perubahan ini. "Mayoritas bertanya terkait itu, sambil mengurus NIB-nya," lanjut Ari.

Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help