Berita Ekonomi Bisnis

Kemensos dan BNI Perluas TASA hingga 4.003 Anak se-Jawa Timur

Kementerian Sosial Republik Indonesia bersama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memperluas program Tabungan Sosial Anak (TASA).

Kemensos dan BNI Perluas TASA hingga 4.003 Anak se-Jawa Timur
foto: istimewa
PKSA diluncurkan untuk menjangkau anak-anak yang dalam krisis atau anak-anak yang berisiko. Mereka kebanyakan tinggal di rumah tangga miskin dan tidak terjangkau oleh program lain, seperti Program Keluarga Harapan (PKH). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kementerian Sosial Republik Indonesia bersama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memperluas program Tabungan Sosial Anak (TASA) hingga ke Jawa Timur.

Sebanyak 4.003 anak terlantar, anak jalanan, hingga anak-anak yang membutuhkan perlindungan khusus menjadi penerima manfaat pertama program TASA.

Penyerahan secara simbolis buku TASA kepada anak-anak 10 Anak yang berasal dari Al-Kholiliyah Bangkalan dan LKS Al Hikmah Kabupaten Gresik ini dilaksanakan di Ruang Aula Gedung A Dinas Sosial Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur. Minggu (5 Agustus 2018).

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Sosial Jawa Timur, Dr. Sukesi Apt., MRS, serta Head of Network & Services BNI Wilayah Surabaya Anak Agung Gede Putra.

TASA didesain mirip dengan Tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) yang telah diterbitkan BNI sebelumnya, sehingga tabungan yang diberikan di Jawa Timur ini dapat juga disebut Tabungan Simpel TASA. Bedanya adalah pada target penggunanya.

Tabungan Simpel diterbitkan khusus untuk anak-anak pelajar yang berhak mendapatkan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP), sedangkan TASA diterbitkan khusus bagi nak-anak terlantar, anak jalanan, anak yang berhadapan dengan hukum, anak penyandang disabilitas, dan anak yang membutuhkan perlindungan khusus untuk mendapatkan akses pada layanan sosial dasar.

TASA pertama kali diluncurkan secara resmi di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, pada 20 Agustus 2017. Saat itu, BNI menjadi satu-satunya bank yang ditunjuk sebagai penyalur TASA.

Pada acara ini, sebanyak 10 anak menerima simbolis buku tabungan TASA dari Dinas Sosial. TASA ini nantinya akan menjadi tabungan yang digunakan untuk menyalurkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dari pemerintah.

Saldo pada masing-masing rekening TASA sejumlah Rp. 1.000.000,- dan selanjutnya seluruh penerima Tabungan Sosial Anak (TASA) se-Jawa Timur dapat mengambilnya di BNI Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu dan Kantor Kas yang tersebar di Jawa Timur.

Head of Network & Services BNI Wilayah Surabaya Anak Agung Gede Putra mengungkapkan, penyerahan bantuan ini merupakan salah satu bentuk komitmen BNI dalam mendukung Program Kesejahteraan Sosial Anak (PKSA) dari Kementerian Sosial.

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved