Berita Tuban

Rayakan HUT Kongco Kwan Sing Tee Koen ke-1858, 60 Patung Dewa akan Diarak di Tuban

peserta kirab diikuti kelenteng dari beberapa daerah di Indonesia untuk menghormati ulang tahun Kong Co Kwan Sing Tee Koen ke-1858

Rayakan HUT Kongco Kwan Sing Tee Koen ke-1858, 60 Patung Dewa akan Diarak di Tuban
surya/m sudarsono
Sejumlah miniatur patung dewa yang akan ikut kirab ultah Kong Co Kwan Sing Tee Koen sudah tiba di Klenteng Kwan Sing Bio Tuban 

SURYA.co.id | TUBAN - Di ulang tahun Kong Co Kwan Sing Tee Koen ke-1858, TITD Kelenteng Kwan Sing Bio akan melakukan ritual kirab atau mengarak miniatur patung Dewa, Minggu 5 Agustus 2018 besok. Setidaknya, ada 60 patung Dewa yang akan diarak di sejumlah titik jalan di Tuban, di antaranya, jalan Panglima Sudirman, WR Supratman, Basuki Rahmat, Jalan Diponegoro, lalu kembali ke kelenteng.

"Besok Minggu kirabnya pukul 12.00 WIB," kata Ketua Umum TITD Kwan Sing Bio Tuban, Gunawan Putra Wirawan, Sabtu (4/8/2018).

Gunawan menjelaskan adanya ritual kirab patung dewa ini merupakan kehendak dari yang mulia Kong Co. Sebab, kalau tidak diizinkan untuk melaksanakan kirab, maka tidak ada kegiatan tersebut. Diakui Gunawan, kegiatan kirab ini terakhir dilaksanakan tiga tahun lalu. Jadi tidak setiap tahun ada. 

"Kirab atas izin Yang Mulia Kong Co, makanya besok dilaksanakan," sambungnya.

Dia menambahkan, untuk peserta kirab sendiri diikuti kelenteng dari beberapa daerah di Indonesia. Saat ini baru ada sekira 5 patung dewa dari perwakilan kelenteng yang ikut kirab.

Seperti Kelenteng Semarang Kwan Sing Tee Koen, Kelenteng Salatiga Dewa Bumi (Hok Tek Tjien Sin), Kelenteng Banten Kongco Kwan Sing Tee Koen.

"Sudah ada lima patung dewa, nanti yang lain akan menyusul, dibatasi hingga pukul 16.00.WIB," pungkasnya mengakhiri.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help