Berita Sidoarjo

Penghapusan Parkir Berlangganan di Sidoarjo Tak Perlu Mengubah Perda

Parkir berlangganan di Sidoarjo akan dihapus. Untuk menghapusnya, ketua DPRD Sidoarjo menyebut tidak perlu adanya perubahan perda parkir.

Penghapusan Parkir Berlangganan di Sidoarjo Tak Perlu Mengubah Perda
surabaya.tribunnews.com/m taufik
Rambu larangan menarik uang parkir yang dipasang Dishub di tempat parkir yang seperti hanya hiasan. Di hampir semua tempat parkir, warga tetap harus membayar, meski sudah bayar parkir berlangganan. 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Untuk menghapus program parkir berlangganan di Sidoarjo pemerintah tidak perlu mengubah Perda Parkir. Cukup DPRD mengeluarkan keputusan untuk membatalkan MoU atau perjanjian kerjasama yang sudah ada.

Demikian kata Ketua DPRD Sidoarjo, Sulamul Hadi Nurmawan, Jumat (3/8/2018).

Kata dia, dalam Perda Penataan Parkir di Sidoarjo terdapat dua klausul, yaitu pengelolaan parkir dengan sistem langganan atau nonlangganan.

"Dalam pelaksanaan parkir berlangganan selama ini, dasarnya adalah Perda yang ditindaklanjuti DPRD dengan Kerjasama bersama pihak kepolisian dan pemerintah provinsi, yang kemudian dilaksanakan oleh Pemkab Sidoarjo," kata Gus Wawan, panggilan Sulamul Hadi Nurmawan.

Karena parkir berlangganan dirasa sudah tidak sesuai dan disepakati untuk diubah dengan sistem baru, maka proses perubahan itu cukup dengan keluarnya keputusan dewan terkait penghentian kerjasama tersebut.

Sekarang ini, Pemkab sedang menyiapkan program pengganti parkir berlangganan untuk memperbaiki pengelolaan parkir di Sidoarjo.

"Program penggantinya sedang disiapkan eksekutif. Kalau sudah ada dan siap diterapkan, dewan langsung menggelar rapat untuk mengambil keputusan pembatalan MoU itu," tandasnya.

Pemkab Sidoarjo sendiri sedang menyiapkan e-parkir untuk mengganti parkir berlangganan. Dalam sistem ini, direncanakan pengguna cukup membawa kartu parkir. Kartu itu ditempel di mesin yang dibawa oleh juru parkir setiap kali parkir. Sehingga tidak perlu menyerahkan uang tunai.

Baca: Parkir Berlangganan di Sidoarjo Bakal Dihapus. Pemkab Siapkan Sistem Penggantinya

Dikonfirmasi tentang itu, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengaku belum mendapat laporan detail dari anak buahnya.

"Saya belum tahu detailnya tentang e-parkir itu," jawab bupati Saiful, Jumat sore.

Halaman
12
Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved