Berita Surabaya

Bingung Pilih SPF Sunblock yang Pas? Begini Menurut Dokter Ahli Kulit RS Adi Husada Surabaya

Penggunaan sunblock untuk hindari kanker kulit dari sinar matahari disesuaikan dengan kondisi kulit dan kebutuhan.

Bingung Pilih SPF Sunblock yang Pas? Begini Menurut Dokter Ahli Kulit RS Adi Husada Surabaya
surya/ahmad zaimul haq
dr Rima memeriksa kulit wajah pasien 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sunblock atau tabir surya memiliki fungsi melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung. Ini karena suhu panas dan sinar matahari terik cukup berbahaya untuk kulit sehingga berpotensi kanker kulit, terlebih di jam-jam tertentu.

Ahli Kulit Rumah Sakit Adi Husada Undaan Wetan Surabaya, dr Marina Rimadhani SpKK, menjelaskan untuk itu setiap orang yang mempunyai aktivitas di luar ruangan sebaiknya menggunakan sunblock. Sebab, sinar matahari UVB pukul 10.00 WIB hingga 16.00 WIB, berpotensi besar merusak kulit, bahkan yang terburuk bisa terkena kanker kulit.

Penggunaan sunblock ini disesuaikan dengan kondisi kulit dan kebutuhan. Misalnya jenis sublock untuk kulit berjerawat, cenderung oily, atau kombinasi tentu berbeda. Sesuai kebutuhan artinya, untuk pemilihan Sun Protection Factor (SPF) pun harus diperhatikan. Misalnya banyak bekerja di luar ruangan atau di dalam ruangan.

"Kalau banyak bekerja di luar ruangan, bisa diperkirakan berapa lama? Karena sunblock ini SPFnya juga macam-macam, ada yang SPF 15, 30, 50, dan seterusnya. Sementara takaran 1 SPF itu bisa bertahan 4 menit. Jadi katakanlah bekerja di luar ruangan selama 8 jam, berarti butuh pakai sunblock SPF 50," terang Rima, Jumat (3/8).

Begitu pun sebaliknya bagi para pekerja di dalam ruangan, untuk tidak menggunakan sunblock dengan SPF terlalu tinggi, karena bisa berdampak pada timbulnya jerawat. Ini karena semakin tinggi SPF pada sunblock semakin pekat pula teksturnya sehingga bisa menutup pori-pori dan memicu jerawat.

Pemakaian sunblock sebaiknnya dilakukan satu menit sebelum kulit terpapar sinar matahari. Rima menambahkan untuk itu tidak ada produk sublock dengan lebel paling bagus karena semua tergantung kebutuhan.

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved