Berita Blitar

PDAM Kota Blitar Siapkan Sambungan Pipa Baru Sepanjang 3,6 Kilomater

Sekarang sambungan pipa baru masih proses uji coba untuk mengukur tekanan air dan kekuatan pipa, sebelum difungsikan.

PDAM Kota Blitar Siapkan Sambungan Pipa Baru Sepanjang 3,6 Kilomater
surya/samsul hadi
Pekerja sedang membersihkan pipa PDAM yang tersumbat kerak dan lumpur di Jl Muara Takus, Kelurahan Sentul, Kota Blitar, Kamis (2/8/2018). 

SURYA.co.id | BLITAR - PDAM Kota Blitar sebenarnya sudah memasang sambungan pipa baru di wilayah pipa yang buntu tersumbat kerak. Hanya saja, sambungan pipa baru itu belum difungsikan.

"Tahun lalu kami sudah membangun sambungan pipa baru mulai Jatimalang sampai Jalan A Yani. Panjangnya sekitar 3,6 kilometer, tapi belum kami fungsikan," kata Pjs Direktur PDAM Kota Blitar, Joni Sumarsono, Kamis (2/8/2018).

Joni mengatakan pembangunan sambungan pipa baru itu menggunakan anggaran dari pemerintah pusat, besarnya sekitar Rp 6 miliar. Pembangunan sambungan pipa sudah selesai akhir 2017. Diameter sambungan pipa baru lebih lebar dibandingkan sambungan lama.

Diameter pipa baru delapan dim, sedangkan diameter pipa lama hanya enam dim. Jenis pipanya juga berbeda dengan pipa lama.

Jenis pipa baru ini PPC, sedangkan pipa lama jenis ACP atau pipa semen.

"Jenis pipa ACP ini memang rawan mengerak. Kalau sudah lebih 10 tahun keraknya tebal," ujarnya.

Sekarang sambungan pipa baru itu masih dalam proses uji coba, sebelum difungsikan. Uji coba ini untuk mengukur tekanan air dan kekuatan pipa.

Dengan sambungan pipa baru ini, dia berharap dapat mengatasi masalah pipa buntu di wilayah Kota Blitar.

"Secepatnya, akan kami fungsikan," ujarnya.

Menurutnya, masalah pipa buntu bukan hanya terjadi di wilayah Jatimalang sampai Gedog saja. Tapi, PDAM juga mendapat laporan dari pelanggan aliran air di wilayah Sukorejo juga tidak lancar.

Beberapa minggu ini, aliran air PDAM di wilayah Sukorejo mengecil.

"Ini yang masih kami cek, apakah karena pipanya tersumbat kerak atau debit air dari sumber yang turun karena musim kemarau," katanya.

Sebelumnya, pipa milik PDAM Kota Blitar banyak yang buntu tersumbat kerak dan lumpur. Akibatnya, aliran air PDAM ke pelanggan banyak yang terganggu.

Pipa yang buntu tersumbat kerak panjangnya sekitar 1,7 kilometer mulai dari Jatimalang sampai Gedog.

Salah satu titik pipa yang buntu berada di Jl Muara Takus, Kelurahan Sentul, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar. Pekerja sedang membersihkan pipa yang tersumbat kerak dan lumpur di lokasi itu.

Penulis: Samsul Hadi
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved