Sambang Kampung Perak Barat

Warga  RT 2/RW 3 Perak Barat Latihan Karawitan, Reog Tak Diringi Karawitan Disebut Tak Jalan

Karang Taruna RT 2 RW 3 Jalan Ikan Kerapu gang 4 Kelurahan Perak Barat Kecamatan Krembangan juga dilatih kesenian karawitan.

Warga  RT 2/RW 3 Perak Barat Latihan Karawitan, Reog Tak Diringi Karawitan Disebut Tak Jalan
surya/danendra kusumawardana
Reog Ponorogo yang pemainnya warga RT 2 RW 3 Jalan Ikan Kerapu gang 4 Kelurahan Perak Barat Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA -  Tak lengkap jika Kesenian Reog Ponorogo tak diiring alunan gamelan. Karang Taruna RT 2 RW 3 Jalan Ikan Kerapu gang 4 Kelurahan Perak Barat Kecamatan Krembangan juga dilatih kesenian karawitan.

Menurut Muhammad Wibowo mantan ketua RT 2 Tak hanya karang taruna, bahkan seluruh warga juga berlatih kesenian karawitan.

"Bapak-bapak maupun ibu-ibu PKK juga ikut berlatih karawitan," ujar keyboardis Reog Ponorogo Singo Yudho Budoyo ini.

Ia mengatakan, jika Reog Ponorogo tak diiringi karawitan tak akan jalan. Musik karawitan adalah bagian nyawa dari kesenian Reog Ponorogo itu. "Kami pun membentuk tim karawitan sebagai pengiring. Yang membedakan adalah alat musik selompret atau semacam terompet di kesenian Reog Ponorogo,'' katanya.

Selain itu, mereka juga melatih karang taruna tarian seperti Jatilan, Tari Warok, Bujang Ganong, Klono Sewandono. "Reog Ponorogo juga tak lengkap jika tak ada tarian itu," paparnya saat diwawancarai, Rabu, (1/8/2018).

Karena warga kampung Ikan Kerapu gang 4 memiliki bakat-bakat seni. Mereka juga mengkolaborasikan unsur budaya lain dalam bermusik. "Kami menggabungkan musik Hadrah dari Arab dan Karawitan," terangnya.

Ia menjelaskan, Ibu-ibu PKK yang memegang kendali musik Hadrah. Sebelumnya, ibu-ibu PKK rutin mengadakan pengajian dan latihan Hadrah.

Kami pun mencoba mengkolaborasikannya. Perpaduan kedua jenis kesenian itu menciptakan irama yang unik.

"Kami mengalami kesulitan saat pertama kali memadukan. Karena iramanya tidak menyatu. Akhirnya kami coba memasukkan bunyi gamelan di interlude dan reff lagu dan hasilnya sangat unik," pungkasnya.

Penulis: Danendra Kusumawardana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help