Berita Surabaya

KPU Kembalikan Sisa Anggaran Pilgub ke Pemrov Jatim

KPU Jatim akan mengembalikan ke rekening Kas Umum Daerah Pemprov Jatim paling lambat tiga bulan setelah berakhirnya seluruh tahapan pemilihan

KPU Kembalikan Sisa Anggaran Pilgub ke Pemrov Jatim
SURYAOnline/Bobby Constantine Koloway
Sekretaris KPU Jatim, Muhammad Eberta Kawima (kanan) ditemui di Surabaya beberapa waktu lalu. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) akan mengembalikan sisa dana hibah untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) Tahun 2018 kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim).

Berdasarkan penjelasan Sekretaris KPU Jatim, Muhammad Eberta Kawima sisa anggaran ini akan diserahkan dalam waktu dekat. Pengembalian sisa dana hibah kepada pemberi hibah dalam hal ini Pemprov Jatim.

"Hal ini didasarkan ada Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang telah disepakati antara KPU Jatim dengan Pemprov sebelumnya," kata Wima di Surabaya.

NPHD yang dimaksud adalah perjanjian antara Pemprov Jatim dan KPU Jatim dengan Nomor 131/464/011.2/2017 dan Nomor 141/PR.07-SPj/35/KPUProv/VIII/2017 tanggal 28 Agustus 2017.

Yang mana, apabila terdapat sisa dana hibah yang tidak dapat direalisasikan, KPU Jatim akan mengembalikan ke rekening Kas Umum Daerah Pemprov Jatim paling lambat tiga bulan setelah berakhirnya seluruh tahapan pemilihan.

Berikutnya KPU Jatim juga harus menyampaikan bukti setoran tersebut paling lambat lima hari kerja setelah dilakukan penyetoran kepada Pemprov.

Sementara itu, KPU Jatim berkewajiban juga membuat laporan realisasi penggunaan belanja hibah daerah. Laporan realisasi ini paling lambat disampaikan pada Pemprov dan DPRD Jatim tiga bulan setelah berakhirnya tahapan.

Yang mana, proses tahapan pemilihan gubernur selesai pada 24 Juli 2018 dengan penetapan pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak sebagai Gubernur Jawa Timur terpilih.

Dengan mengacu hal tersebut, maka laporan paling lambat bisa diserahkan pada 25 Oktober 2018 mendatang.

Sementara itu, Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito menyebut bahwa pihaknya masih menunggu laporan dari pemerintah/kota untuk memberikan laporan akhir.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help