Berita Madiun

Cara Unik Para Siswa SD di Kota Madiun Sambut HUT Ke-73 RI, Cuci 20 Bendera dengan Air Bunga Mawar

Menyambut peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, puluhan pelajar di SDN 03 Madiun Lor, mencuci 20 Bendera Merah Putih.

Cara Unik Para Siswa SD di Kota Madiun Sambut HUT Ke-73 RI, Cuci 20 Bendera dengan Air Bunga Mawar
SURYAOnline/rahadian bagus
Siswa siswi SDN 03 Madiun Lor mencuci Bendera Merah Putih di halaman sekolah mereka ungkapan kecintaan terhadap bangsa dan negara Indonesia, Selasa (31/7/2018). 

SURYA.co.id|MADIUN - Menyambut peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, puluhan pelajar di SDN 03 Madiun Lor, mencuci 20 Bendera Merah Putih. Para pelajar ini mencuci bendera dengan air yang telah dicampur bunga mawar, Selasa (31/7/2018) siang.

Sebelum dicuci, para siswa menyanyikan beberapa lagu tentang kebangsaan dan membaca puisi tentang kemerdekaan. Setelah lagu dan puisi selesai dibawakan, sebanyak 20 pelajar, yang masing-masing membawa bendera merah putih berjalan bersamaan seperti seorang pembawa bendera.

Mereka kemudian berjalan ke arah ember yang berisi air dan bunga mawar. Mereka kemudian membuka bendera yang dilipat dan mencelupkan ke dalam ember, lalu mencucinya.

Setelah itu, para siswa menjemur bendera bendera merah putih itu di halaman sekolah.

Tiga siswa kelas V yang ikut dalam prosesi mencuci bendera merah putih, Renza, Harlinda, dan Devina, mengaku bangga dan senang bisa terlibat dalam kegiatan siang itu.

"Kami sangat bangga dan terharu. Ini merupakan wujud kecintaan kami terhadap negara dan bangsa Indonesia," kata Renza kepada wartawan.

Sementara itu, Kepala SDN 03 Madiun Lor, Jasmi, menuturkan ada 25 pelajar yang mengikuti kegiatan mencuci sang saka merah putih. Prosesi ini, kata Jasmi, merupakan simbol sekaligus untuk mengedukasi seluruh siswa agar semakin bangga dan semakin mencintai Indonesia.

Dia berharap, para siswa juga lebih menghargai arti dari sebuah peringatan kemerdekaan. Bahwa, untuk merebut kemerdekaan dan mengibarkan bendera merah putih di tanah air, butuh perjuangan.

"Sudah selayaknya kita menghargai perjuangan para pahlawan. Salah satunya disimbolkan dengan kegiatan mencuci bendera merah putih ini," imbuhnya.

Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help