Khofifah Bakal Bentuk Kawasan Segitiga Pariwisata di Jember, Situbondo dan Bondowoso

Cagub Jatim Khofifah Indar Parawansa berencana membentuk segitiga pariwisata di Jember, Situbondo, dan Bondowoso.

Khofifah Bakal Bentuk Kawasan Segitiga Pariwisata di Jember, Situbondo dan Bondowoso
ist
Gubernur Jawa Timur terpilih periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa mengisi pengajian dan doa bersama Muslimat NU di Wonokusumo, Rabu (25/7/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Calon Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mulai membicarakan sejumlah program strategis dengan tim transisi termasuk dengan pejabat pemerintahan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo.

Salah satu fokus program yang akan digagas ke depan adalah pengembangan kawasan pariwisata di Jawa Timur.

Sebab banyak pariwisata yang masih membutuhkan penambahan infrastruktur agar nyaman dan menarik bagi wisatawan.

Calon Gubernur terpilih yang berpasangan dengan Emil Elestianto Dardak ini sudah mengkomunikasikan idenya untuk membentuk segitiga pariwisata di Jember, Situbondo dan juga Bondowoso.

Pasalnya tiga daerah itu memiliki sejumlah potensi wisata yang kaya. Baik alam maupun wisata buatan.

"Kami ada rencana agar ada segitiga ada tim park di Jember, Baluran di Situbondo dan juga Ijen Bondowoso. Tiga ini akan menjadi segitiga destinasi wisata luar biasa," kata Khofifah.

Dengan menyajikan paket wisata segitiga ini, ia menargetkan wisatawan akan tinggal lebih lama. Bahkan bisa menghabiskan waktu dua hari untuk berjelajah.

Jika wisatawan sudah menginap, maka roda ekonomi wisata akan berjalan. Mulai penginapan, ekonomi di pasar dan juga UKM di kawasan wisata.

"Saya berharap wisatawan bisa menghabiskan waktu dua hari menikmati keindahan yang disediakan di alam tiga wilayah tersebut," katanya.

Khofifah juga sempat menyatakan gunung Ijen banyak diklaim sebagai wisata alam di Banyuwangi. Namun Khofifah ingin agar Ijen juga bisa dinikmati dari Bondowoso.

Pihaknya akan berupaya menyediakan fasilitas berupa infrastruktur agar masyarakat juga bisa menikmati panorama gunung ijen dari Bondowoso.

Langkah ini sekaligus sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan warga di Bondowoso dan meningkatkan ekonomi di sana. Terlebih saat ini Bondowoso masih masuk dalam kawasan ekonomi lemah di Jawa Timur.

"Hari ini, di seluruh dunia pun, upaya yang paling cepat meningkatkan ekonomi adalah dengan meningkatkan potensi pariwisata," kata Khofifah.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help