Berita Jombang

Truk Mainan Kayu dari Jombang yang Tak Lekang Ditelan Zaman

Di tengah semakin banyaknya mainan-mainan berteknologi tinggi, mobil-mobilan kayu di Jombang ternyata masih bertahan.

Truk Mainan Kayu dari Jombang yang Tak Lekang Ditelan Zaman
surabaya.tribunnews.com/sutono
Basunie, perajin replika kendaraan asal Jombang sedang mengerjakan mobil mainan berbahan kayu limbah di bengkel kerjanya yang merangkap teras rumah. 

SURYA.co.id |  JOMBANG - Menjadi modern tentu tak selamanya berarti harus meninggalkan kekhasan serta makna dan sejarah yang terkandung di dalamnya. 

Salah satu contoh, mobil mainan berbahan kayu. Meskipun bersaing dengan mainan sejenis berbahan plastik dan logam, yang bahkan dijalankan dengan remote control, mobil mainan kayu tetap bertahan tak lekang oleh zaman.

Setidaknya, di Jombang masih terdapat perajin mobil mainan atau replika mobil yang berbahan kayu, yang usahanya tak hanya bertahan hidup, namun mampu berkembang.

Perajin mobil mainan berbahan kayu limbah itu Mochamad Basunie (68), warga Dusun Subentoro Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang.

Ditemui di 'bengkel' kerjanya yang merangkap teras rumah, tampak jemari keriput masih cekatan mengolah potongan kayu wadang, untuk digarap menjadi replika berbagai mobil, Minggu (29/7/2018).

Bapak tujuh anak dan lima orang cuucu ini terlihat cekatan dan terampil memainkan tangan dan peralatan pendukung. Bahan berupa limbah kayu itu mampu disulapnya menjadi benda yang bernilai rupiah.

Basunie sendiri mengaku sudah lebih dari 15 tahun menekuni pekerjaan menyulap limbah kayu menjadi aneka mainan, terutama replika mobil berbahan dasar kayu. Mulai truk, bus, sedan, kendaraan lain sesuai permintaan. Termasuk replika ekskavator

Pekerjaan membuat mobil mainan kayu dimulai Basunie dengan membeli potongan kayu jenis wadang dan jati di tempat-tempat orang berdagang limbah kayu.

Potongan-potongan kayu limbah dari penjual kayu limbah itu lalu dipotong kecil-kecil menyesuaikan desain dari replika yang akan dibuat.

Langkah pertama untuk membuat replika dimulai dari bagian terkecil, mulai stang mobil, jok, roda, pintu hingga kerangka sebuah kendaraan.

Halaman
123
Penulis: Sutono
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help