Berita Tuban

Naiknya Harga Cabai Sepekan Terakhir, Pedagang Sebut Permainan Agen

Harga cabai di petani berada di kisaran Rp 15 ribu. Tapi begitu masuk pasar sangat mahal harganya, hingga membuat pedagang...

Naiknya Harga Cabai Sepekan Terakhir, Pedagang Sebut Permainan Agen
SURYAOnline/M. Sudarsono
Pedagang cabai di Pasar Baru Tuban sedang melayani pembeli 

SURYA.co.id | TUBAN - Meski harga cabai di pasar tradisional pasar baru Tuban sudah turun, terhitung mulai Sabtu (28/7/2018). Namun, kenaikan yang terjadi selama sepekan terakhir membuat pedagang bertanya besar.

Pasalnya, harga cabai di petani tergolong tidak mahal, tetapi jika sudah masuk pasar harganya sangat mahal.

Baca: Pedagang: Jika Besok Harga Cabai Tetap, Maka akan Berangsur Turun

Baca: Sempat Tembus Harga Rp 52 Ribu Per Kilogram, Harga Cabai di Tuban Kini Kembali Normal

Pedagang Cabai, Fathul Mu'in mengatakan, harga cabai di petani berada di kisaran Rp 15 ribu. Tapi begitu masuk pasar sangat mahal harganya, hingga membuat pedagang harus mengikuti harga yang ada.

"Di petani murah, tapi waktu masuk pasar mahal. Kami pedagang juga harus mengikuti harga tersebut," ujarnya kepada Surya.co.id.

Dia menjelaskan, kenaikan harga selama seminggu terakhir ini ada kemungkinan terkait permainan para agen. Sebab, ini terjadi serentak di sejumlah pasar daerah.

Namun, begitu melihat pasar cabai lesu, para agen tidak mau berlama-lama memainkan harga, hingga harus mengembalikan harga ke semula.

"Ini saya baru beli cabai tadi, harganya sudah turun. Kita lihat jika besok harganya tetap, maka kemungkinan harga cabai akan terus turun," beber pria yang sudah bertahun-tahun menjual cabai.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban, Agus Wijaya menyatakan, naiknya harga cabai selama sepekan terakhir karena rata-rata belum memasuki masa panen.

Petani cabai harus menunggu waktu dua sampai empat Minggu untuk memanen tanaman yang kaya akan rasa pedasnya tersebut.

"Rata-rata belum panen, kemarin saya cek di daerah cabainya masih hijau. Tunggu sampai empat Minggu untuk panen," pungkasnya.

Sekedar diketahui, untuk harga cabai rawit saat naik mencapai Rp 52 per kilogram, kini turun menjadi Rp 40 ribu. Sedangkan untuk harga cabai plompong saat naik harganya Rp 30 ribu, kini menjadi Rp 25 ribu.

Kemudian untuk cabai keriting, saat naik harganya Rp 20 ribu per kilogram, kini menjadi Rp 15 ribu.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help