Lifestyle

Aging Gracefully dengan Jaga Tampilan Wajah dan Gigi

Menjadi tua tak bisa dihindari. Namun bertambahnya usia tetap bisa menjadikan hidup berkualitas, lewat perawatan wajah dan gigi.

Aging Gracefully dengan Jaga Tampilan Wajah dan Gigi
surya/ahmad zaimul haq
Perawatan wajah dan gigi dapat menghambat penuaan dini. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Menjadi tua memang tak bisa dihindari. Namun bertambahnya usia tetap bisa menjadikan hidup berkualitas, lewat  perawatan wajah dan gigi secara bersamaan, sehingga penampilan tetap terjaga meski sudah lanjut usia (lansia).

Dokter dari Favourite Beauty Care, dr Daniel Widiyanto SpAnd menjelaskan, perawatan wajah dan gigi secara seiring memang sesuai dengan konsep aging gracefully atau menua dengan bahagia. Konsep ini diibaratkan wine, dimana semakin lama disimpan akan semakin enak dan mahal.

“Penuaan memang tak bisa dihindari, namun bisa diperlambat,” jelasnya di sela-sela bincang Aging Gracefully di Java Paragon, Jumat (27/7/2018).

Dia menjelaskan, banyak orang yang tak menyadari bahwa menua dengan kualitas atau diperlambat, tak lepas dari terjaganya penampilan wajah dan gigi.

Pada lansia, masalah gigi yang paling umum terjadi adalah ompong atau gigi yang rusak. Dengan gigi yang rusak, maka orang tak bisa mengunyah makanan dengan baik, asupan nutrisi ke tubuh juga berkurang. Tak pelak, nutrisi ke kulit wajah juga berkurang, dan ini memengaruhi penampilan.

“Dari sisi fisik, kerutan pada wajah dan kantung mata tak terhindarkan. Dari sisi psikis, orang jadi enggan tersenyum karena tampilan giginya sudah tak bagus,” katanya.

Dokter gigi dari Dentin Clinic, drg Samuel Wijaya Kusuma menambahkan, secara umum kerusakan gigi pada lansia tak lepas dari demineralisasi gigi, terutama kandungan fosfat, kalsium dan fluoride.

Untuk dua jenis mineral yakni fosfat dan kalsium, harus didapatkan dari makanan dan minuman yang bersentuhan langsung dengan gigi.

Pengganti makanan dan minuman yang efektif mengganti fosfat dan kalsium adalah lewat suplemen mirip pasta.

“Jika sudah ada kerusakan gigi atau berlubang, maka tentu harus ditambal, dibuat mahkota gigi hingga implan gigi. Yang penting, selain dari tampilan, gigi yang bagus juga memengaruhi proses kunyah makanan,” ujarnya.

Sedangkan dari sisi kulit wajah, dr Daniel Widiyanto memgurai bahwa untuk mengurangi kerutan dan kantung mata, maka beberapa perawatan bisa membantu, seperti botox, filler dan tanam benang.

Seperti botox yang bekerja merilekskan otot sehingga kontraksi otot berkurang dan kerutan berkurang.

“Semua ini membuat wajah tetap tampil cantik dan segar,” pungkasnya.

Penulis: Sudharma Adi
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help