Berita Mojokerto

Tingkat Partisipasi Pemilih Dalam Pilkada Serentak di Mojokerto Masih Rendah

KPU Kota Mojokerto menyebutkan bahwa tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada Serentak di Mojokerto yang lalu masih rendah.

Tingkat Partisipasi Pemilih Dalam Pilkada Serentak di Mojokerto Masih Rendah
surabaya.tribunnews.com/mohammad romadoni
Seorang warga sedang melihat brosur bergambar pasangan calon Cagub-Cawagub dan calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Mojokerto di TPS 02 di lingkungan Balongrawe RT03, Kelurahan Kedundung, Kecamatan Magersari. 

SURYA.co.id | MOJOKERTO - Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Kota Mojokerto melakukan evaluasi terkait partisipasi masyarakat dalam Pilkada serentak 2018.

Kegiatan ini dilakukan setelah dilakukan penetapan pemenang Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 4, Ika Puspitasari-Achmad Rizal Zakaria sebagai wali kota terpilih periode 2018-2023.

Ketua KPU Kota Mojokerto, Saiful Amin menjelaskan, berdasarkan catatan tingkat partisipasi pemilih saat Pilwali kemarin yakni sebesar 79,55 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 96.132 orang.

Dari jumlah DPT tersebut sebanyak 76.469 yang menggunakan hak politiknya.

"Tingkat partisipasi pemilih masyarakat ada penurunan hampir dua persen sekitar 1,85 persen," ujarnya di sela kegiatan evaluasi partisipasi masyarakat dalam Pilkada serentak di Kota Mojokerto, Kamis (26/7/2018).

Menurut dia, penurunan ini dikarenakan empat Paslon Calon Wali Kota berasal dari luar Kota Mojokerto

"Inilah salah satu penyebab penurunan karena orang atau warga Kota Mojokerto belum kenal sehingga tidak datang untuk memilih," ucapnya.

"Kan salah satu variabel orang datang ke TPS untuk memilih karena kenal dan faktor lainnya," imbuhnya.

Akan tetapi, kata Amin, ini akan menjadi cambuk untuk KPU Kota Mojokerto sebagai bahan evaluasi agar lebih memaksimalkan untuk melakukan sosialisasi. 

"Sosialisasi sudah sangat banyak dan maksimal. Kita sudah meminta para anggota PPK dan PPS untuk keliling kampung untuk melakukan sosialisasi, ini jadi kritik buat kami agar kedepannya sosialisasi akan diperbantukan," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved