Berita Surabaya

600 Pendaftar Mandiri Tidak Daftar Ulang, Unair Lakukan Pemenuhan Kuota

Sebanyak 600 dari 1.560 pendaftar seleksi jalur Mandiri di Unair tak daftar ulang. Ini yang dilakukan Rektor...

600 Pendaftar Mandiri Tidak Daftar Ulang, Unair Lakukan Pemenuhan Kuota
surabaya.tribunnews.com/sulvi sofiana
Rektor Universitas Airlangga, Prof Mohammad Nasih 

SURYA.co.id | SURABAYA - Hasil seleksi jalur mandiri Universitas Airlangga (Unair) telah diumumkan pada 19 Juli 2018.

Dari 1.560 pendaftar yang diterima, sekitar 600 pendaftar tidak melakukan daftar ulang.

Rektor Unair, Prof Moh Nasih mengungkapkan, untuk memenuhi kuota mahasiswa baru di jalur mandiri, pihaknya telah melakukan seleksi berdasarkan rangking tertinggi pada pendaftar mandiri yang sebelumnya tidak diterima.

"Pendaftar jalur mandiri yang sebelumnya tidak diterima sudah ada rangkingnya. Tinggal kami hubungi melalui sms dan kami tunggu hingga pukul 17.00,"urainya ketika dihubungi SURYA.co.id, Kamis (26/7/2018)

Menurutnya, yang mengkonfirmasi untuk bersedia diterima di Unair sudah mencapai 500 orang hingga pukul 15.30 WIB.

Kepastian konfirmasi ini untuk memastikan pendaftar belum diterima di kampus lain dan bersedia daftar ulang.

"Prodi yang belum terisi banyak, ada pada prodi Aquakultur bahkan prodi Kesehatab Masyarakat. Biasanya yang tidak daftar ulang ya bukan pilihan pertamanya, tetapi kami menerimanya berdasarkan rangkingnya sesuai dengan prodi mana,"tegasnya.

Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Unair, Achmad Solihin menambahkan, proses seleksi rangking bagi pendaftar yang sebelumnya tidak diterima jalur mandiri merupakan proses pemenuhan pagu, bukan penambahan pagu.

"Jika dalam penerimaan mandiri ada yang tidak daftar ulang, maka pemenuhan kuota akan dilakukan dengan seleksi yang sudah daftar mandiri. Mengambil rangking tertinggi yang belum diterima," jelasnya.

Calon yang diterima ini diinformasikan melalui sms untuk membuka laman website pengumuman dengan login baru. Dari laman tersebut akan diberikan opsi apakah calon yang diterima ini bersedia diterima di Unair.

"Jika bersedia, maka ditetapkan calon mahasiswa baru tinggal memenuhi daftar ulang. Tidak ada proses pendaftaran dan administrasi baru. Semuanya sesuai dengan saat pendaftaran mandiri. Jadi tidak ada pengajuan UKA lagi, UKA yang dibayarkan sesuai dengan saat daftar seleksi mandiri,"urainya.

Karena proses seleksi yang tidak dipahami pendaftar jalur Mandiri, menurut Solihin hari ini banyak pendaftar yang dihubungi melalui SMS kemudian datang ke kampus. Ataupun menghubungi pusat informasi Unair untuk menanyakan kebenaran seleksi pemenuhan kuota tersebut.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help