Berita Ekonomi Bisnis

Hingga Akhir 2018 BI Target 30 Persen Nasabah Perbankan di Jatim Miliki Kartu Debut GPN

Bank Indonesia Kantor Perwakilan (KPw) Jawa Timur akan melaunching Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), Minggu (29/7/2018) .

Hingga Akhir 2018 BI Target 30 Persen Nasabah Perbankan di Jatim Miliki Kartu Debut GPN
surya/sri handi lestari
Dari kiri: Kepala Divisi Advisory Ekonomi dan Keuangan Taufik Saleh, Deputi Kepala Perwakilan Harmanta, Deputi Kepala Perwakilan , Yudi Harymukti, dan Kepala Divisi Pengembangan Ekonomi BI KPw Jatim Dery Rossiantot menunjukkan launching kartu berlogo GPN di Surabaya, Rabu (25/7/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Bank Indonesia Kantor Perwakilan (KPw) Jawa Timur akan melaunching Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), Minggu (29/7/2018) . GPN merupakan alat pembayaran berupa kartu debit, ATM, dan e-toll yang bisa dimanfaatkan secara nasional untuk semua mesin EDC, ATM, dan barcode card di gerbang tol.

"Kartu tersebut ditandai dengan tulisan GPN dan logonya berupa burung dari samping. Besok hari Minggu kami luncurkan untuk nasabah perbankan di Jatim mulai memilikinya," ungkap Yudi Harymukti, Deputi Kepala Perwakilan BI Jawa Timur, Rabu (25/7/2018).

Penggunaan kartu GPN sebagai wujud interoperabilitas (saling dapat dioperasikan secara penuh dalam ekosistem pembayaran ritel). Langkah ini dilakukan BI untuk menjaga integritas nasional seiring dengan besarnya potensi penggunaan sistem pembayaran di Indonesia.

"Potensi masyarakat Indonesia untuk payment system paling besar. Kalau pasar potensial, berarti national integritas harus kita jaga dengan baik, supaya semuanya untuk Indonesia, tidak lari ke pihak luar," lanjut Yudi.

Launching kartu GPN sudah didukung oleh 11 perbankan. Untuk wilayah Jawa Timur mulai Minggu depan akan dilayani di empat titik. Yaitu Kantor BI KPw Jatim di Jalan Pahlawan, Kantor Pemerintah Provinsi Jatim, Balaikota Surabaya dan Pasar Atom mall.

"Di empat titik itu kami sosialisasikan dan nasabah bisa menukarkan kartu debit, ATM dan kartu toll nya dengan logo GPN. Dengan target satu nasabah bisa punya satu kartu berlogo GPN," lanjut Yudi.

Hingga akhir tahun 2018, ditargetkan ada 30 persen dari total nasabah perbankan yang ada di Jatim sudah memiliki kartu berlogo GPN.

"Saat ini memang masih di tingkat nasional, target kedepannya, kartu berlogo GPN bisa dimanfaatkan keluar negeri," tandas Yudi.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help