Berita Jawa Timur

KPU Jatim Tetapkan Khofifah Sebagai Gubernur Jatim 2019-2024

KPU Jatim akhirnya menetapkan pasangan Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak sebagai Gubernur dan Wagub Jatim.

KPU Jatim Tetapkan Khofifah Sebagai Gubernur Jatim 2019-2024
surabaya.tribunnews.com/ahmad zaimul haq
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim menetapkan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak sebagai pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih dalam rapat pleno terbuka di Hotel Wyndham, Selasa (24/7). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur telah menetapkan pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih untuk periode 2019-2024.

Penetapan ini dilakukan melalui rapat pleno terbuka di Surabaya, Selasa (24/7/2018)

Khofifah hadir langsung pada acara yang berlangsung malam hari ini.

Sedangkan pasangan nomor urut 2 yang sekaligus rival Khofifah di pilgub lalu, Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno berhalangan hadir.

Baca: Gus Ipul dan Puti Tak Hadiri Penetapan Khofifah sebagai Gubernur Jawa Timur, Ini Alasannya

Berdasarkan penjelasan ketua KPU Jatim, Eko Sasmito, penetapan ini menindaklanjuti turunnya surat dari Mahkamah Konsitusi (MK) dan KPU RI.

Surat dari MK dengan nomor 14/PAN.MK/7/2018 menyebutkan bahwa Jawa Timur tidak termasuk dalam 70 gugatan Perselisihan Hasil Pilkada (PHP).

"Sehingga, sehari pasca keluarnya surat tersebut KBU Jatim langsung menggelar rapat pleno penetapan hasil," kata Eko.

Eko menyebut dengan tak adanya laporan tersebut membuktikan bahwa penyelenggaraan pemilihan gubernur tahun 2018 berjalan kondusif.

Hampir tak ada pelanggaran-pelanggaran berat selama penyelenggaraan Pilkada.

Selain itu tingkat partisipasi masyarakat di Pilkada serentak tahun ini juga menjadi yang tertinggi di tiga periode Pilkada serentak terakhir.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help