Berita Surabaya

Enam JPO Surabaya Bakal Dilengkapi Lift untuk Para Disabilitas. Ini Lokasi-lokasinya

Pemkot Surabaya akan membangun lift di enam JPO yang ada di Surabaya. Inilah lokasi-lokasinya...

Enam JPO Surabaya Bakal Dilengkapi Lift untuk Para Disabilitas. Ini Lokasi-lokasinya
surya/ahmad zaimul haq
Lift di JPO Jalan Basuki Rahmat yang dalam kondisi tidak berfungsi, Minggu (24/6/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pemerintah Kota (pemkot) Surabaya sedang membangun enam lift di sejumlah jembatan penyeberangan orang (JPO).

Enam JPO yang rencananya dilengkapi dengan lift, di antaranya di Jl Basuki Rahmad depan Hotel Bumi, Jl Gubernur Suryo depan SMAN 6, Jalan Pemuda depan RRI, Jl Urip Sumoharjo, Jl Prof Moestopo depan FKG, dan Jl Wonokromo.

Maria Theresia Ekawati Rahayu, Kepala Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah Kota Surabaya menjelaskan selain 6 lift JPO tersebut, pemkot akan menmbah dua JPO baru, yakni di depan Rumah Sakit Bhayangkara dan di depan Pusat Veteriner Farma (Pusvetma) atau di depan Giant Margorejo.

Rencana ini sedang dibahas di Direktorat Jenderal Perkeretaapian di Jakarta karena ruas JPO di sisi timur akan melewati jalur kereta api.

"Masih nunggu izin PT KAI, sekaligus ada penambahan bentang di JPO Jalan Ahmad Yani depan Kantor Dinas Pertanian Pemprov Jatim dan JPO di depan kampus UIN Sunan Ampel Surabaya. Prosesnya itu harus menyelesaikan bentang dulu, dan kitu harus ijin dulu ke PT KAI," tambah Yayuk.

Baca: Warga Pertanyakan Pemkot Surabaya Bangun Lift di Enam JPO  

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Pemkot Surabaya akan bangun enam lift di JPO untuk memudahkan difabel dan lansia menyeberang.

Pembangunan enam lift itu merupakan hasil kesepakatan Pemkot Surabaya dengan pihak ketiga yang menyewa JPO sehingga tidak menggunakan APBD.

Penyewa ingin memperpanjang perjanjian sewa JPO, Pemkot Surabaya meminta fasilitas tambahan berupa pembangunan lift di JPO.

"Mereka pun menyetujui, sehingga pemkot dalam pembangunan lift ini tidak mengeluarkan dana apapun,” tambahnya.

Yayuk mengatakan pembangunan lift akan berlangsung minggu-minggu ini dan ditargetkan selesai akhir tahun 2018. Untuk antisipasi, bagi para pengguna JPO, Pemkot Surabaya menurunkan Linmas dan Satpol PP di sekitar lokasi untuk membantu warga yang menyebrang karena beberapa JPO sudah ditutup pihak ke tiga.

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help