Berita Surabaya

Agar Terhindar Penjambretan, Ini Saran & Tips Kenakan Tas yang Benar dari Kriminolog Untag

Kleden menyarankan agar para perempuan selektif memilih tas saat akan berpergian menggunakan sepeda motor.

Agar Terhindar Penjambretan, Ini Saran & Tips Kenakan Tas yang Benar dari Kriminolog Untag
SURYA.co.id/Samsul Hadi
Kriminolog Fakultas Hukum Untag Surabaya, Kristoforus L Kleden 

SURYA.co.id | SURABAYA - Tingkat kejahatan jambret semakin meningkat, tak terkecuali Surabaya. Hari ini, Senin (23/7/2018) seorang remaja perempuan koma setelah mengalami percobaan penjambretan saat tengah mengendarai sepeda motor.

Kriminolog Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, Kristoforus L Kleden SH MH, mengatakan sebenarnya kejahatan tidak begitu saja terjadi tanpa adanya peluang, serta bisa terjadi kapan saja dan di mana saja tanpa bisa diperkirakan.

"Selama ada kesempatan, di situ tindak kejahatan akan dilakukan. Tapi yang justru menarik kita bahas adalah, di sini korban sendiri yang sebenarnya membiarkan dirinya jadi korban. Tanpa kita sadari penampilan dan atribut yang kita kenakan bisa menarik para pelaku kejahatan ini. Bisa dikatakan kita menciptakan keadaan membahayakan diri sendiri," kata Kleden saat dihubungi Surya.co.id.

Kleden menjelaskan kejadian penjambretan tentu tidak hanya terjadi satu kali, dan terus berulang-ulang. Dari sana dia mempertanyakan kenapa masyarakat tidak mau belajar dari hal itu.

"Mereka cenderung menyerahkan kondisi keamanan kepada penegak hukum. Padahal justru kita sendiri yang harus menciptakan kondisi itu," tambahnya.

Khususnya bagi para perempuan, Kleden menyarankan agar para perempuan selektif memilih tas saat akan berpergian menggunakan sepeda motor.

Misalnya tas ransel atau tas sling bag namun tidak diletakkan di bagian belakang. Lebih tepatnya tas sling bag disembunyikan di dalam jaket atau tempat yang aman, sehingga tidak bisa dilihat dan diambil sembarangan.

"Sebaiknya tas ditaruh di depan, atau disembunyikan. Kejahatan juga tidak dipengaruhi situasi baik itu malam, siang, sore, pagi atau dini hari sekalipun. Intinya jangan ciptakan kondisi yang mendukung untuk seseorang berbuat kejahatan," tegasnya.

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help