Lifestyle

Orangtua harus Perhatikan 5 Aspek ini agar Tumbuh Kembang Anak Optimal 

Peran orang tua sangat besar untuk tumbuh kembang anak, salah satunya dengan memahami tahapan dan aspek tumbuh kembangnya.

Orangtua harus Perhatikan 5 Aspek ini agar Tumbuh Kembang Anak Optimal 
SURYAOnline/sulvi sofiana
Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani, bermain dengan anak-anak dalam kegiatan Sahabat Generasi Maju  digelar SGM Eksplor di lapangan timur Delta Plasa, Minggu (22/7/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Peran orang tua sangat besar untuk tumbuh kembang anak, salah satunya dengan memahami tahapan dan aspek tumbuh kembangnya. Serta rutin mengasah potensi yang dimilikinya.

Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani menjelaskan, orang tua harus menggali lima aspek tumbuh kembang anak yang saling berkaitan, sehingga anak dapat memiliki tumbuh kembang optimal. Kelima aspek tersebut, yaitu aspek fisik, kognitif, emosi, bahasa & sosial.

“Orang tua dan lingkungan sekitar anak diharapkan dapat secara bertahap dan terus menerus menstimulasi kelima aspek tumbuh kembang ini yang dapat mendukung si kecil menjadi anak generasi maju. Hal ini diperlukan karena lima potensi agar anak mejadi generasi maju tidak tumbuh instan, namun perlu dikembangkan sejak dini,”paparnya dalam kegiatan Sahabat Generasi Maju yang digelar SGM Eksplor di lapangan timur Delta Plasa, Minggu (22/7/2018).

Anna mengungkapkan, kegiatan yang digelar SGM Eksplor ini dapat membuat orang tua untuk mengasah potensi anak melalui berbagai kegiatan seperti lomba mewarnai, kegiatan olahraga, serta permainan edukatif lainnya.

“Dari ribuan peserta yang mengikuti kegiatan Sahabat Generasi Maju, terdapat beragam potensi anak generasi maju yang ditunjukkan, seperti bernyanyi, menari, dan masih banyak lagi. Keikutsertaan ini adalah salah satu langkah baik yang perlu terus didukung serta dikembangkan oleh para orangtua agar nantinya anak-anak tersebut dapat tumbuh menjadi anak yang cerdas kreatif, tumbuh tinggi & kuat, supel, mandiri & percaya diri,” tambah Anna Surti.

Namun, Anna agak prihatin dengan perilaku orang tua yang berusaha membantu anaknya mewarnai. Mungkin orang tua prihatin lihat gambar anaknya yang jelek, tetapi sikap pembiaran anak akan bisa melatihnya menjadi mandiri.

Marketing Manager SGM Eksplor, Astrid Prasetyo, menjelaskan pengembangan potensi anak sejalan dengan visi SGM Eksplor.

“Kami percaya bahwa setiap anak Indonesia berhak untuk maju memiliki masa depan yang cerah sehingga dapat meraih cita-citanya. Selama lebih dari 60 tahun SGM Eksplor telah mendukung orang tua Indonesia dengan melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil dan mengadakan edukasi nutrisi secara rutin untuk mendukungnya memiliki 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju yang cerdas kreatif, tumbuh tinggi dan kuat, supel, mandiri & percaya diri,”ujarnya.

Selain menggelar beragam lomba, acara SGM Eksplor ini mengajak orang tua untuk menceritakan potensi prestasi yang dimiliki oleh si Kecil dengan mengupload foto dan cerita potensi prestasi si Kecil ke akun Facebook mulai dari 19 April hingga 8 Juli 2018. Pemenangnya  berkesempatan mendapatkan beasiswa senilai total Rp 1 Milyar rupiah untuk 25 pemenang.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help