Berita Mojokerto

Gencarkan Promosi Produk Unggulan, Pemkab Mojokerto Dorong Perkembangan Ekonomi Kreatif

pameran ini bertujuan untuk membangun dan memetakan ekonomi kreatif di seluruh Kabupaten Mojokerto.

Gencarkan Promosi Produk Unggulan, Pemkab Mojokerto Dorong Perkembangan Ekonomi Kreatif
surya/mohammad romadoni
Produk unggulan Pemkab Mojokerto ketika mengikuti perlombaan dan pameran ekonomi kreatif. 

SURYA.co.id | MOJOKERTO - Sebanyak 54 pelaku usaha ekonomi kreatif begitu antusias mengikuti pameran dan lomba produk unggulan melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Pemkab Kabupaten Mojokerto di Pendopo Graha Majatama, Sabtu (21/7/2018).

Hariyono, Kepala Bappeda Pemkab Mojokerto menuturkan kegiatan pameran ini bertujuan untuk membangun dan memetakan ekonomi kreatif di seluruh Kabupaten Mojokerto.

“Kami ingin melakukan pemetaan usaha ekonomi kreatif nantinya akan ditindaklanjuti oleh dinas-dinas terkait," ujarnya, Minggu (22/7/2018).

Menurut dia, ada lima kriteria kategori penilaian dalam pameran dan perlombaan ini.

Di antaranya adalah inovasi, ramah lingkungan, memiliki orientasi pasar, bernilai estetika dan memakai bahan lokal sumber daya alam dan kearifan lokal yang ada.

"Nantinya pemenangnya akan kami kenalkan ke Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang ada di Jakarta," ucapnya.

Masih kata Hariyono, adanya ekonomi kreatif ini diharapkan mampu mendongkrak perkembangan inovasi produk-produk unggulan Pemkab Mojokerto.

Pihaknya akan membantu pengusaha muda untuk menciptakan ide-ide baru inovasi produk agar bisa bersaing di pasaran global.

Untuk diketahui, ekonomi kreatif sendiri adalah sebuah konsep baru dalam ekonomi, yang menjadikan ide dan kreativitas manusia sebagai faktor utama dalam menjalankan produktivitas kerja.

Hal ini bermanfaat untuk memunculkan inovasi baru yang lebih mengedepankan perkembangan ekonomi kreatif pada pengusaha di wilayah Kabupaten Mojokerto.

"Inovasi ini muncul sebagai akibat dari adanya ekonomi kreatif," kata Hariyono.

Selanjutnya, kepada para pemenang penyerahan hadiah akan dilakukan saat resepsi kenegaraan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 pada 17 Agustus mendatang. (don/ Mohammad Romadoni).

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help