Berita Surabaya

Ini Dia 6 Cara untuk Mengatasi Kulit Kendur dan Kerutan di Wajah

Untuk menghindari penuaan pada kulit, ada cara alami yang perlu dilakukan. Ellen Sidowati menjelaskan...

Ini Dia 6 Cara untuk Mengatasi Kulit Kendur dan Kerutan di Wajah
SURYAOnline/Danendra Kusumawardana
Ellen Sidowati sedang memberikan materi tentang perawatan kulit khususnya tentang penuaan. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Perempuan pastinya mendambakan penampilan menarik nan cantik. Kulit yang sehat adalah salah satu faktor yang dapat meningkatkan kecantikan.

Namun, satu hal yang tak dapat dihindari yakni kulit wajah menjadi tua dan tidak kencang lagi. Baik itu, karena memang usia, ataupun kesalahan kosmetik.

Ellen Sidowati selaku dokter spesialis Skin A Dermatology and Aesthetic Clinic menyebutkan saat usia muda kulit tampak halus, lembut, dan cerah. Seiring bertambahnya usia, menjadi kulit tampak kusam, kasar, dehidrasi dan muncul kerutan pada wajah. Ada dua tipe 'aging' yang menyebabkan penurunan kualitas dan fungsi kesehatan kulit.

"Perubahan secara ilmiah dan perubahan akibat pengaruh radikal bebas, paparan sinar matahari, polusi dan rokok," jelasnya.

Ellen sapaan akrabnya menambahkan, tanda-tanda aging yang tampak secara langsung yakni garis kerutan, berkurangnya elastisitas kulit, kulit kusam, ataupun pigmentasi. Tanda-tanda awal akan terlihat kerutan di bagian bawah mata lalu timbul bayangan atau cekungan pada kulit. Selain itu juga timbulnya garis senyum di antara pipi, mulut dan hidung.

"Penuan kulit akan dialami oleh orang berusia mulai 40 hingga 50 tahun," sebutnya.

Untuk menghindari penuaan pada kulit, ada cara alami yang perlu dilakukan. Ellen menjelaskan, minum air putih 8 gelas sehari, asupan gizi tercukupi dan merokok dapat menghambat penuaan kulit.

"Penggunaan krim moisturizer, sunblock, serta krim krim lain yang mengandung vitamin A juga penting," paparnya.

Selain itu, cara lain untuk mengatasi penuaan kulit adalah Chemical Peeling dan Laser Fractional eCO2. Perawatan kedua cara ini tentunya hanya dapat dilakukan oleh dokter kulit. Ellen menjelaskan perawatan Chemical Peeling dilakukan dengan cara mengoleskan krim fruit acid pada bagian kerutan. Sedang laser Fractional eCO2 membantu meremajakan dan merangsang produksi kulit dengan ribuan kolom laser mikroskopis yang tak terkihat oleh mata.

"Cara ini dapat dilakukan secara kombinasi, maupun memilih satu cara saja, tergantung permasalahan kulitnya. Ada cara lain untuk mengatasi penuaan antara lain, filler, botox, thread lift, dan skin tightening therapy," tandasnya.

Penulis: Danendra Kusumawardana
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved