Berita Pasuruan

Kejari Kabupaten Pasuruan Temukan Dokumen Proyek yang Salahi Aturan. Begini Tindakannya

Diungkapkan, temuan itu paling banyak di paket proyek milik Dinas PU Bina Marga Kabupaten Pasuruan.

Kejari Kabupaten Pasuruan Temukan Dokumen Proyek yang Salahi Aturan. Begini Tindakannya
surya/sri handi lestari
Ilustrasi proyek pengerjaan jalan nasional Kraci - Pasuruan. 

SURYA.co.id | PASURUAN - Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Pasuruan baru saja menemukan dokumen pelaksanaan proyek yang diduga bermasalah.

Proyek itu disinyalir tidak sesuai dengan ketentuannya. Bahkan, Korps Adhyaksa sudah melakukan pemanggilan ke sejumlah pihak rekanan dan pihak Kabupaten Pasuruan untuk dimintai keterangan.

Kasi Intel Kejari Kabupaten Pasuruan, I Wayan Oja Miasta, mengatakan pihaknya sudah menemukan beberapa proyek yang menyalahi aturan.

"Memang benar, orang-orang dinas dan pelaksana proyek sudah kami panggil dan kami periksa. Kami konfrontir data di lapangan dan data milik mereka," kata Miasta, Jumat (20/7/2018).

Diungkapkan, temuan itu paling banyak di paket proyek milik Dinas PU Bina Marga. Ada beberapa proyek pekerjaan jalan yang terindikasi tidak sesuai dengan gambar dan perencanaannya.

"Banyak paket pekerjaan tahun anggaran 2017 oleh pelaksana dikerjakan asal-asalan, kualitas jelek, padahal nilai proyeknya besar. Nah, kami sedang dalam tahap konfrontir Kalau memang benar ada temuan, kami sarankan untuk segera dikembalikan," sambungnya.

Dari temuan itu, lanjut Miasta, paket pekerjaan di atas 2,5 miliar akan diberlakukan secara faktual untuk tahun ini.

"Semua unsur, mulai tenaga ahli dan dukungan material yang dipersyaratkan harus sesuai dalam dokumen lelang. Jangan ada perbedaan," tambahnya.

Ia pun meminta OPD untuk tidak melakukan kecurangan. Ia meminta semua dokumen dan persyaratannya harus jelas dan dicantumkan.

"Kalau tidak, akan kami hentikan pekerjaannya," pungkasnya.

Penulis: Galih Lintartika
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved