Citizen Reporter

Kisah Karapan Sapi ke Singapura

Di sela lengking bait …eee sape minggir... duli minggir..., sesosok tubuh tiba-tiba melejit, melompat ke depan.

Kisah Karapan Sapi ke Singapura
ist

Kidung berbahasa Madura menggema di auditorium AR Fachrudin SMA Muhammadiyah 2 (SMAMDA) Sidoarjo. Siswa baru yang menonton terdiam ketika SMAMDA Voice tampil, Senin (16/7/2018).

Mereka sedang melatih penampilan dalam konser singkat SMAMDA Voice in concert, Singapore we are coming.

Jasmine Mecca Aulia Armani (Ecca), siswa kelas XII IPS 4 yang menjadi coordinator SMAMDA Voice menuturkan, ada delapan lagu yang disuguhkan di Singapore International Choir Festival yang berlangsung 17-23 Juli 2018. Itu adalah konser dalam rangkaian persiapan keberangkatan menuju Singapura.

“Kami membawakan dua lagu kategori foklore, yaitu lagu Kerraban Sape dari Madura dan Luk Luk Lumbu dari Banyuwangi," katanya.

Kerraban Sape dibawakan dengan merdu dan atraktif. Tanpa iringan musik, semua harus mengalir secara alamiah dan tidak boleh menggunakan pengeras suara.

Suara para penyanyi melengking tinggi laksana gadis pesisir memanggil sapi-sapi mereka agar berlari kencang. Gerakannya lincah gemulai, cepat, dan gesit seperti para gadis Madura berlari diantara kerikil dan batu padas.

Penyanyi laki-laki tak kalah hebat. Berkaus hitam dengan pecut di tangan, melambai, memekik laksana para pendekar berjibaku dengan dengus busa sapi jantan dalam perebutan piala presiden. Kehormatan nomor satu, kemenangan adalah segalanya.

"Hari ini kami tidak mengenakan kostum sebagimana nanti saat tampil di Singapura, karena semua persiapan sudah masuk koper. Jadi kami pakai kaus SMAMDA Voice," lanjut Ecca.

Di sela lengking bait …eee sape minggir... duli minggir..., sesosok tubuh tiba-tiba melejit, melompat ke depan. Dia Ramadhani Adi Rinjani. Siswa yang juga pesilat Tapak Suci itu berputar 360 derajat seraya tangan kanannya teracung ke atas dan menyabetkan cemetinya ke depan.

Cetar.... Suaranya cambukannya menggelegar menutup lagu Kerraban Sape diiringi tepuk tangan dari siswa baru.

Mohammad Ernam
Guru SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo
ernambirru@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved