Berita Probolinggo

Disperindag Probolinggo Beri Pelatihan Konveksi ke Puluhan Warga, Ini Tujuannya

Pelatihan konveksi ini hanyalah stimulan untuk memberikan rangsangan bagi masyarakat agar bisa memiliki ketrampilan

Disperindag Probolinggo Beri Pelatihan Konveksi ke Puluhan Warga, Ini Tujuannya
surya/galih lintartika
Suasana pelatihan konveksi dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo, Jumat (13/7/2018) sore di Pendopo Kecamatan Dringu. 

SURYA.co.id | PROBOLINGGO - Sebanyak 20 warga Kecamatan Dringu mendapatkan pelatihan konveksi dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo, Jumat (13/7/2018) sore di Pendopo Kecamatan Dringu.

Pelatihan konveksi ini menghadirkan instruktur UD Sri Rejeki Desa Kalirejo Kecamatan Dringu. Sumber dananya berasal dari alokasi anggaran yang berasal dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun anggaran 2018. 

Kepala Bidang Perindustrian Disperindag Kabupaten Probolinggo, Sri Edi Lestarini, mengatakan pelatihan konveksi ini bertujuan untuk memberikan bekal ketrampilan dalam rangka mengembangkan kreativitas masyarakat agar nantinya mampu memiliki aktivitas yang bisa menambah pendapatan keluarga.

“Tentunya setelah dilatih, mereka bisa mengembangkannya sendiri dengan sebaik mungkin agar bisa lebih trampil dan mahir. Dengan demikian bisa meningkatkan pengetahuan dan ketrampilannya dalam bidang konveksi,” katanya.

Menurut Sri Edi, pelatihan konveksi ini hanyalah stimulan untuk memberikan rangsangan bagi masyarakat agar bisa memiliki ketrampilan sehingga sedikit banyak bisa menjahit minimal untuk diri dan keluarganya sendiri. Terlebih mampu menerima orderan dari masyarakat di sekitar tempat tinggalnya.

“Selama 4 (empat) hari mereka kita tempa dengan beragam ketrampilan konveksi dasar mulai dari mengukur, membuat pola dan memotong bahan. Selanjutnya mereka juga kita ajari dengan menggunakan mesin jahit,” jelasnya.

Sri Edi mengakui bahwa nantinya tidak semua peserta mampu memiliki ketrampilan dalam bidang konveksi dengan baik. Tetapi pihaknya menargetkan dari pelatihan ini sekitar 60% mampu mencetak para penjahit baru yang profesional.

“Kamu berharap melalui pelatihan konveksi ini mampu meningkatkan pendapatan sehingga perekonomian masyarakat Kabupaten Probolinggo meningkat . Selain mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi dirinya sendiri, maka secara tidak langsung juga akan mampu membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain,” pungkasnya.

Selain mendapatkan ilmu pengetahuan dan bekal ketrampilan dalam bidang konveksi, puluhan warga dari beberapa desa di Kecamatan Dringu ini juga mendapatkan bantuan sarana dan prasarana konveksi.

Penulis: Galih Lintartika
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help