Berita Surabaya

Pentingnya Premarital Check Up Sebelum Menikah, Ini Sebabnya

Tak hanya mencocokkan kepribadian, kecocokan kesehatan kedua calon mempelai juga penting diperiksa sebelum menikah atau premarital check up

Pentingnya Premarital Check Up Sebelum Menikah, Ini Sebabnya
surya/delya octovie
Panel Premartial (check up kesehatan pranikah) merupakan kumpulan pemeriksaan laboratorium untuk memastkan status kesehatan kedua calon mempelai. Terutama untuk mendeteksi adanya penyakit menular, menahun, atau diturunkan yang dapat memengaruhi kesuburan pasangan dan janin. 

SURYA.CO.ID - Tak hanya mencocokkan kepribadian, kecocokan kesehatan kedua calon mempelai juga penting diperiksa sebelum menikah. Riwayat kesehatan hingga potensi virus tak bisa diremehkan jika pasangan ingin berhubungan intim, apalagi memiliki anak. Ini pentingnya melakukan premarital check up

“Premarital check up ini penting. Kalau di Prodia, kami ingin melihat bagaimana kecocokan pasangan, untuk persiapan mereka nantinya berhubungan dan memiliki anak,” tutur Rafinata Fasihani, koordinator Laboratorium Klinik Prodia Surabaya, saat ditemui di pameran Wedding Expo, Marvell City Mall, Surabaya, Jumat (13/7/2018).

Menurut Rafi, meski dari luar pasangan sudah terlihat cocok, belum tentu secara fisik mereka aman untuk berhubungan. Penyakit bawaan, menular, dan menahun dapat memengaruhi kesuburan pasangan maupun kesehatan janin.

Penyakit-penyakit tersebut seringkali tak kasat mata, atau tak terasa penting pada awalnya.

Namun ketika akan berhubungan dan memiliki anak, pemeriksaan penting dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan pada janin, seperti cacat hingga keguguran.

“Lewat premarital check up pada kedua pasangan, bisa juga diketahui lebih awal misalnya penyakit menular seksual. Jika salah satu mempunyai penyakit tersebut, maka penanganannya misalnya dengan cara pasangan lainnya ditingkatkan imunnya,” imbuhnya.

Idealnya, premarital check up dilakukan 6 bulan sebelum pernikahan.

Sehingga apabila ditemukan permasalahan pada hasil pemeriksaan kesehatan kedua calon mempelai, maka masih ada cukup waktu untuk melakukan konseling dan melakukan penanganan yang tepat terhadap penyakit yang diderita atau ditemukan.

Penulis: Delya Octovie
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help