Inilah 53rd WRS, Skuadron Pemburu Badai Angkatan Udara Amerika Serikat yang Fenomenal

Kru 53rd WRS yang telah dirancang secara khusus, justru makin bersemangat terbang ketika badai berkekuatan besar sedang datang

Inilah 53rd WRS, Skuadron Pemburu Badai Angkatan Udara Amerika Serikat yang Fenomenal
Youtube
skuadron udara pemburu badai USAF 

SURYA.co.id - Dalam dunia penerbangan sipil maupun militer, apabila badai, maka pesawat yang mengudara disarankan menghindar atau pindah jalur penerbangan.

Pasalnya badai berkekuatan besar bisa membuat pesawat ‘terbanting’ sehingga mengalami kerusakan teknis dan bisa jatuh.

Tapi logika untuk sebisa mungkin menghindari badai saat terbang ternyata tidak berlaku bagi skuadron udara pemburu badai USAF (United States Air Force/Angkatan Udara Amerika Serikat), 53rd Weather Reconnaissance Squadron atau biasa disingkat 53rd WRS.

Sebagai skuadron pemburu badai, pesawat-pesawat C-130 Hercules 53rd WRS yang telah dirancang secara khusus justru makin bersemangat terbang ketika badai berkekuatan besar sedang datang.

Tujuan pesawat-pesawat 53rd WRS mendekati badai bahkan kadang memasuki wilayah badai yang sedang mengamuk itu adalah untuk melakukan penelitian.

Hasil analisis badai menggunakan peralatan khusus yang ada di pesawat kemudian dilaporkan kepada pusat pengamat badai di National Hurricane Center (NHC), Miami, AS setiap akhir pekan.

Analisis tentang jenis badai, efeknya terhadap kondisi cuaca, serta potensi bahaya itulah yang kemudian ditransmisi melalui jaringan satelit yang selanjutnya menjadi ‘berita ramalan cuaca’ dan disiarkan oleh berbagai media.

Pesawat USAF terbang di tengah badai
Pesawat USAF terbang di tengah badai ()

Agar memperoleh data yang akurat tentang kondisi badai, pesawat-pesawat pemburu badai 53rd WRS secara rutin terbang dari Carolina Utara hingga Laut Karibia.

Jika sedang ada badai datang, pesawat-pesawat 53rd WRS segera mendekat atau langsung berada di tengah badai untuk menganalisis tekanan badai, kecepatan angin, suhu udara, dan lainnya lalu hasilnya langsung dikirimkan ke NHC.

Meski tugas para personel 53rd WRS beresiko tinggi karena selalu berada sedekat mungkin di kawasan yang sedang dilanda badai, belum pernah ada pesawatnya yang jatuh.

Sebagai satu-satu skadron pemburu badai di USAF, 53rd WRS kekuatannya bahkan terus ditingkatnya sehingga bisa bertugas memburu badai dari Laut Atlantik hingga Hawai selama 24 jam.

Peralatan khusus untuk menganalisa badai
Peralatan khusus untuk menganalisa badai ()

Berikut cuplikan video saat 53rd WRS memburu badai

Baca: Kisah Perjalanan Tupolev Tu-16 Badger TNI AU Hingga Akhir Hayatnya, Pensiun Gara-gara Urusan Politik

Baca: Jet Tempur MiG-21 AURI, Si Pencegat yang Tak Sempat Unjuk Kehebatan Meski Daya Gertaknya Sangar

Baca: Inilah Kehebatan Dua Kapal Perang yang Menjadi Utusan TNI AL Dalam Latihan Perang RIMPAC 2018

*Artikel ini telah tayang di Intisari dengan judul Skuadron Pemburu Badai USAF, yang Para Pilotnya Makin Bersemangat Terbang Justru ketika Badai Datang

Penulis: Putra Dewangga Candra Seta
Editor: Musahadah
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved