Berita Surabaya

Bulan Ini Buka 4 Rombel SMA Plus, Khusus Siswa Tak Mampu yang Putus Sekolah di Surabaya

Bulan ini, para siswa yang tidak mampu untuk melanjutkan ke SMA bisa menghubungi Dinas Pendidikan Kota Surabaya

Bulan Ini Buka 4 Rombel SMA Plus,  Khusus Siswa Tak Mampu yang Putus Sekolah di Surabaya
surabaya.tribunnews.com/sulvi sofiana
Ilustrasi kegiatan ekskul SMA 

SURYA.co.id | SURABAYA - Rencana mendirikan SMA Plus untuk mengatasi siswa kurang mampu yang putus sekolah dipastikan akan dilakukan mulai di tahun ajaran baru 2018 ini. Bulan ini, para siswa yang tidak mampu untuk melanjutkan ke SMA bisa menghubungi Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Surabaya agar bisa segera dilakukan outreach.

Hal itu ditegaskan oleh Sekkota Surabaya, Hendro Gunawan, Jumat (13/7/2018) usai menghadiri rapat paripurna di DPRD Kota Surabaya. Hendro menyebut bahwa outreach ini dilakukan untuk memastikan bahwa siswa yang akan sekolah di SMA Plus ini adalah siswa dari keluarga yang tak mampu. Sehingga berhak mendapatkan pendidikan sekolah gratis.

"Untuk tahun ini kita coba dulu empat rombel. Kapasitas per rombelnya nanti akan ada 40 anak, kelasnya akan dibuka tahun ajaran baru ini kok," kata Hendro.

Untuk sarana prasarana mantan kepala Bappeko ini menyebut bahwa semua sudah siap di kawasan Surabaya Barat. Gedung yang digunakan adalah salah satu gedung yang dipinjam pakai oleh Pemkot.

"Sumber dananya tidak menggunakan APBD. Tapi menggunakan dana dari Dharmawanita dan juga dari CSR," tegasnya.

Ia memastikan bahwa siswa yang mendaftar juga akan dilakukan pendataan. Sehingga diharapkan tidak ada salah terima siswa tidak mampu.

Sedangkan dari segi materi ajar, Hendro menegaskan bahwa SMA Plus ini tidak akan hanya melulu materi pelajaran teori.

Kurikulum yang diterapkan lebih menggunakan kurikulum komprehensif yang mengajarkan juga lifeskill.

Skill yang akan diberikan mulai keterampilan menjahit, mekanik dan juga sejunlah keahlian lain. Sehingga keahlian ini akan membuat anak kaya pengetahuan dan bisa siap kerja begitu lulus.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Jumat (13/7/2018), mengatakan SMA Plus ini didirikan untuk mengatasi problem putus sekolah dari jenjang SMP akibat sekolah SMA tak lagi gratis.

"Anak Surabaya yang putus sekolah sampai 500 siswa lho. Bagimanapun kita harud bantu. Nah ini kemarin ini ada sumbangan beasiswa pendidikan Rp 5 miliar dari Mayapada, sebagian kita akan bangunkan SMA Plus untuk mengatasi masalah putus sekolah," ucap Risma.

Ia mengatakan SMA Plus ini sekolah swasta. Sehingga pengelolaannya akan bisa diatur oleh Pemkot.

Sekolah ini akan dijadikan sebagai cabang dari SMA Dharmawangsa Surabaya. Yang selama ini mendapatkan support pengelolaan dari Pemkot Surabaya.

SMA Plus ini akan didirikan di kawasan Surabaya Barat. Sehingga anak-anak yang kurang mampu dan putus sekolah bisa ditampung di sekolah ini.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help