Lapor Cak

Pedagang Rela Sewa Lahan Jutaan Rupiah demi Jualan di Luar SIB 

"Yang bikin saya heran, mereka ada yang rela menyewa tempat untuk jualan ikan asap."

Pedagang Rela Sewa Lahan Jutaan Rupiah demi Jualan di Luar SIB 
Surya.co.id/nuraini faiq
Pedagang ikan asap yang jualan di luar SIB  diserbu pembeli. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Camat Bulak Suprayitno mengungkapkan tidak henti-hentinya petugas menertibkan para pedagang ikan asap pembelot SIB itu. Bahkan pihaknya didukung Saptol PP Pemkot Surabaya kerap menertibkan pedagang ini.

Namun, upaya itu terhenti karena berkali-kali pula pedagang itu tidak juga kembali ke SIB. Pedagang itu malah membuka meja lapak di depan rumah mereka. Dengan begitu, petugas Satpol tidak punya alasan untuk menertibkan mereka karena merasa jualan di depan rumah mereka.

 "Yang bikin saya heran, mereka ada yang rela menyewa tempat untuk jualan ikan asap. Persis di halaman depan sebuah toko yang luas, tiga pedagang patungan menyewanya. Mau Bagaimana lagi," kata Suprayitno. 

Harga sewa di tempat ini sekitar Rp 15 juta per tahun. Ini bagian dari pedagang "dengan cerdik" ngakali petugas. Camat Bulak mengakui bahwa banyak pedagang masih memanfaatkan tungku asap SIB. Namun jualannya di luar SIB. 

Pernah petugas sampai menyisir tungku yang digunakan pedagang ikan asap di luar SIB. Harapannya mereka kembali mengasap di SIB sekaligus jualan di SIB. Lagi-lagi, petugas diakali karena setelah mengasap tidak dijual di SIB. 

Meski demikian, Suprayitno yakin jika nanti jembatan dekat Jembatan Suroboyo tuntas maka SIB akan ramai. Selain itu, akses ke SIB juga akan diperlebar sehingga bus bisa langsung parkir di lingkungan SIB. Begitu juga bus akan parkir di SIB. 

Dengan begitu, pengunjung SIB akan makin banyak dan pembeli Ikan asap tidak lagi di jalan. Akan dibuat sistem agar semua pengunjung bisa melintasi stan ikan asap khas Bulak dan Pantai Kenjeran. 

Meski sepi di SIB, namun sebenarnya nelayan Bulak yang jualan ikan asap itu telah memiliki pasar di Surabaya. Hampir semua pemilik warung sambal ikan mengambil ikan asap dari Bulak. Mulai dari Bubutan, Jagalan, hingga yang tekenal di Warung sambal Jagir juga disuplai dari sini.

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help