Citizen Reporter

Ini Pesta Film untuk Anak

Selain menyajikan film anak-anak, ada juga pembagian buku fiksi anak. Itu supaya anak-anak mendapat bacaan yang sesuai dengan usia.

Ini Pesta Film untuk Anak
ist

Di tengah terpaan arus modernisasi, orang tua dihadapkan pada tantangan untuk menyajikan tontonan yang ramah anak.

Melihat hal itu, mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi (Ikom) peminatan Audio Visual (AV), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Malang menggelar festival film bertajuk Pesta Film Anak.

Berlokasi di Aula Biro Administrasi Umum, Senin (9/7/2018) festival film berlangsung meriah. Disambut antusiasme penonton dari kalangan internal dan eksternal kampus, acara terbagi menjadi tiga sesi. Setiap sesi diputarkan empat film anak dengan durasi waktu yang pendek.

Novin Farid Setyo Wibowo selaku kepala Laboratorium Ikom mengharapkan film-film yang diputar dalam festival bisa menjadi konten positif terutama bagi penonton usia anak-anak.

Menurutnya, konten yang sesuai usia akan membantu perkembangan anak dalam memandang sesuatu maupun bertindak sesuatu, sehingga tercipta generasi yang lebih beradab.

“Ini merupakan bentuk literasi melalui medium audio visual untuk memberikan kesadaran atas tontonan yang sekaligus menjadi tuntunan sebagai jawaban atas minimnya tayangan anak yang mendidik,” katanya.

Selain menyajikan film anak-anak, pada acara ini juga dilakukan pembagian buku-buku fiksi anak. Buku-buku itu didapat dari kerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi. Buku-buku diberikan kepada penonton anak-anak yang tak lain merupakan inisiatif mahasiswa AV guna memberikan bacaan yang sesuai dengan usia penonton.

“Acaranya mulai pagi sampai sore, diawali dengan berbagi buku-buku fiksi bertema anak kemudian pemutaran film dulu sebanyak tiga sesi dan awarding,” kata Sanas, Ketua Pelaksana Pesta Film Anak itu.

Film-film yang diputar pada festival anak merupakan hasil praktikum mahasiswa-mahasiswa AV program studi Ikom. Dilaksanakannya acara ini tidak lain sebagai bentuk apresiasi prodi pada karya cipta mahasiswa. Di samping memutar film, di akhir acara juga diberikan penghargaan yang tinggi dengan berbagai kriteria nominasi.

Anisa Purwa Ningrum
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang
aanisa17@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help