Berita Surabaya

Dibuka Pendaftaran Dua Komisioner KPU Jatim, ini Syarat dan Ketentuannya 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim kembali membuka seleksi untuk dua komisioner tambahan.

Dibuka Pendaftaran Dua Komisioner KPU Jatim, ini Syarat dan Ketentuannya 
Surya.co.id | bobby constantine
Sekretaris Tim Seleksi (Timsel) rekrutmen Komisioner KPU, Dr Abdul Chalik menjelaskan tahapan seleksi Komisioner KPU Jatim di KPU Jatim, Kamis (12/7/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim kembali membuka seleksi untuk dua komisioner tambahan. Hal ini sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Dalam peraturan ini tercantum bahwa untuk wilayah dengan jumlah penduduk di atas 10 juta komisioner KPU-nya bertambah. Awalnya lima komisioner, kini menjadi tujuh komisioner.

Sekretaris Tim Seleksi (Timsel) rekrutmen Komisioner KPU, Dr Abdul Chalik menjelaskan tahapan seleksi tersebut.

Pendaftaran dibuka pada 10-18 Juli 2018. Kemudian, pada calon komisioner tersebut akan mengikuti tahapan seleksi yang terdiri dari tes tulis, tes psikologi, tes kesehatan, dan tes wawancara. Pelaksanaan tes akan berlangsung hingga 6 Agustus 2018.

Timsel juga akan melibatkan masyarakat dalam menyeleksi calon komisioner. Selama 26 hari (11/7-5/8/2018), masyarakat bisa memberikan tanggapan kepada Timsel.

"Dari hasil tes tersebut, kami akan menyerahkan empat nama kepada KPU RI. Dua di antranya ditetapkan sebagai komisioner terpilih, sisanya sebagai cadangan," ujar Abdul, Kamis (12/7/2018).

Pihaknya juga menjelaskan beberapa kriteria calon komisioner tersebut.

Di antaranya, bersedia untuk tidak menduduki jabatan politik, jabatan di pemerintahan, dan/atau Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah selama menjadi komisioner nantinya.

"Calon Komisioner ini yang tidak sekedar hanya mencari pekerjaan, tapi harus punya kapasitas kapabilitas, integritas," jelas dosen UINSA ini.

Mengingat saat ini menjadi momentum jelang pemilihan presiden dan pemilihan legislatif tahun depan, Timsel akan mengutamakan figur yang berpengalaman di Pemilu.

"Misalnya para anggota KPU dan Bawaslu kabupaten kota dipersilahkan untuk ikut mendaftar. Sehingga, apabila terpilih bisa langsung bekerja dengan anggota lainnya," pungkasnya.

Komisioner ini akan bekerja 6 bulan dengan menyesuaikan tugas Komisioner KPU Jatim yang selessi pada Pebruari 2019 mendatang.

"Mereka menyesuaikan dengan kerja anggota yang lama yaitu 6 bulan," pungkasnya. 

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help