Sosok

Dari Bisnis Ekspor-Impor Banting Stir Jadi Bisnis Kuliner Kopi, Ini Potret Cynthia Ariestapuspa

Meski hanya sebagai pengelola bisnis, Puspa harus memahami seluk-beluk kopi dan penciptaannya.

Dari Bisnis Ekspor-Impor Banting Stir Jadi Bisnis Kuliner Kopi, Ini Potret Cynthia Ariestapuspa
surya/delya octovie
Cynthia Ariestapuspa 

SURYA.co.id | SURABAYA – Baru kali ini Cynthia Ariestapuspa (38) merambah dunia bisnis kuliner, yakni kopi. Biasanya, asal Balikpapan, Kalimantan Timur, ini bekerja di bidang ekspor-impor.

Bisnis kuliner kopi yang dikelolanya adalah Tanamera Coffee yang cukup ternama di Jakarta. Perempuan yang biasa disapa Puspa ini mengaku bidang kuliner ini sangat berbeda jauh dari pekerjaannya sebelumnya.

Meski hanya sebagai pengelola bisnis, Puspa tetap harus memahami seluk-beluk kopi dan penciptaannya. Perempuan yang tinggal di Surabaya sejak tahun 1995 tersebut mengaku menikmati kopi Tanamera.

Kecintaannya pada taste Tanamera Coffee membuatnya percaya diri memperkenalkan Tanamera ke warga Surabaya, dan membuka outlet pertamanya di House of Sampoerna.

“Saya suka sekali taste kopinya yang Indonesia banget. Nah karena saya menjalani bisnis ini, saya mengikuti dari awal cara membuat kopi. Ternyata untuk menghasilkan kopi enak itu prosesnya banyak sekali,” tutur lulusan Teknik Industri Universitas Surabaya (Ubaya) ini.

Ia mempelajari pemilihan roaster, mencium aroma kopi, sampai perbedaan temperatur kopi. Saat pemilihan biji kopi oleh petani pun, Puspa ikut memerhatikan biji mana yang bagus dan tidak, sekaligus warna-warnanya.

Penyuka warna hitam dan merah tersebut juga mengawasi baristanya, agar taste Tanamera tetap terjaga.

Penulis: Delya Octovie
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help