Citizen Reporter

Ini Cara Ibu Membuat Permen Jahe

Bahan jahe, cengkeh, dan lemon menjadi permen. Manfaat campuran aneka bahan itu untuk meredakan sakit tenggorokan dan menghangatkan tubuh.

Ini Cara Ibu Membuat Permen Jahe
ist

Tanaman toga menjadi bagian dari program PKK sejak bertahun-tahun. Toga yang banyak ditanam antara lain bumbu dapur seperti sirih, lengkuas, jahe, kunyit, kencur, kemudian ada jeruk nipis, jeruk purut, dan delima putih.

Di RT 13 Desa Ketawang, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang, mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang membuat program pemanfaatan toga. RT 13 menjadi RT percontohan karena di sana disediakan satu wilayah yang memiliki kepala RT.

Toga-toga di sana dikumpulkan menjadi satu. Ada piket untuk menyiram tanaman. Jika akan dipanen, hasil dari panenan itu akan dibagi rata kepada warga RT 13.

Demo pemanfaatan toga dilakukan Minggu (1/7/2018). Bahan jahe, cengkeh, dan lemon menjadi permen. Manfaat permen yang dibuat dari campuran aneka bahan itu untuk meredakan sakit tenggorokan dan menghangatkan tubuh.

Pembuatan permen itu sangat mudah. Air lemon, bubuk jahe, dan gula direbus hingga menjadi karamel. Campuran itu kemudian dibekukan dan siap untuk dikonsumsi. Untuk pemanfaatan lainnya bisa mencampurkan permen dengan air panas atau bahkan air teh, yang dapat dikonsumsi saat musim dingin untuk menghangatkan tubuh.

Selain demo memasak pemanfaatan tanaman toga, mahasiswa juga membagikan buku resep. Buku resep itu berisikan resep resep sederhana dari tanaman obat keluarga yang sering ditanam dan mudah didapat.

Resep selain permen jahe adalah infuse water dari berbagai buah-buahan, rebusan dedaunan seperti ceplok piring untuk obat asam urat, serai untuk mengurangi bau badan, daun jambu biji untuk mengatasi diare, dan daun pacar cina untuk obat batuk dan perut kembung. Ada juga daun sambiloto untuk menurunkan demam.

Yogi Imansary
Desa Ketawang, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang
imansary.yogi@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help