Berita Mojokerto

Dindik Kabupaten Mojokerto akan Buka PPDB SMP Gelombang II. Tak Pakai Zonasi

Dindik Kabupaten Mojokerto telah merencanakan bakal membuka PPDB gelombang II tanpa adanya zonasi.

Dindik Kabupaten Mojokerto akan Buka PPDB SMP Gelombang II. Tak Pakai Zonasi
surya/david yohanes
Ilustrasi suasana pendaftaran PPDB SMPN 

SURYA.co.id | MOJOKERTO - Sistem zonasi yang diterapkan saat penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMP gelombang I diduga berpotensi memicu kekurangan siswa di 11 sekolah SMP Negeri di Kabupaten Mojokerto.

Kerena itulah, Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Mojokerto telah merencanakan bakal membuka PPDB SMP gelombang II tanpa adanya zonasi, untuk memenuhi kuota peserta didik di SMP yang kekurangan siswa tersebut.

Kasi Kurikulum SMP Kabupaten Mojokerto, Faisol Prastyo, menjelaskan adapun kuota SMP yang kekurangan yakni sebanyak 468 siswa. Rencananya, gelombang II PPBD SMP akan dibuka tanpa adanya sistem zonasi.

"Siswa boleh memilih sekolah SMP yang hendak dituju sesuai keinginannya tanpa zonasi," ujarnya, Rabu (11/7/2018).

Faisol mengatakan ada 18 Kecamatan di Kabupaten Mojokerto yang dibagi menjadi empat zonasi. Pada PPBD siswa SMP gelombang II ini pihaknya memastikan tidak akan memakai sistem zonasi seperti yang dilakukan pada gelombang pertama.

"Gelombang II penerimaan PPDB akan berakhir pada 13 Juli mendatang," jelasnya.

Untuk diketahui, dari 39 SMPN di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto ada 11 sekolah SMP yang kekurangan sebanyak 468 siswa.

Di antaranya, SMPN 1 Kutorejo, SMPN 1 Trowulan, SMPN 3 Kutorejo, SMPN 2 Pacet, SMPN 2 Dawarblandong, SMPN 2 Trawas, SMPN 2 dan 3 Gondang, SMPN Satap Kunjorowesi, SMPN Jatirejo dan SMPN 2 Mojoanyar.

Adapun rinciannya 11 sekolah SMP yang belum memenuhi kuota yakni SMPN 2 Trawas kekurangan siswa sebanyak 77 orang, SMPN 2 Pacet 76 siswa, dan paling banyak di SMPN 1 Kutorejo 106 siswa.

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved