Citizen Reporter

Ini Cara Thailand Hidupkan Wisata

Siswa membuat daftar tempat wisata yang ada di setiap distrik Krabi, membuat percakapan jual-beli, serta membuat summary materi selama dua hari.

Ini Cara Thailand Hidupkan Wisata
ist

Krabi adalah salah satu provinsi di Thailand Selatan yang terkenal dengan banyak tempat wisata yang menakjubkan, seperti pantai, air terjun, candi, dan lain-lain.

Banyak wisatawan lokal maupun asing yang mengunjungi. Itu sebabnya, pemerintah Krabi mencanangkan beberapa program yang bertujuan untuk membentuk generasi yang mampu menyambut wisatawan, merawat, memahami seluk-beluk dan potensi Krabi sebagai tempat wisata.

Salah satu program itu adalah seminar Good & Smart Krabi Children Project: Youths Move To Asean Camp 2018 untuk siswa sekolah menegah atas se-Provinsi Krabi.

Eakkapapsasanawich Islamic School, tempat beberapa mahasiswa Universitas Negeri Malang menjalai KKN dan PPL Terpadu juga mengirimkan wakil ke sana. Mahasiswa menjadi pemateri utama dalam seminar itu yang dilaksanakan di Eakkapapsasanawich Islamic School sebagai rayon ke-17 di Krabi.

Seminar dilaksanakan selamatigahari, Rabu-Jumat (30 Mei-1 Juni 2018) dengan berbagai materi, di antaranya pengenalan Provinsi Krabi secara umum, Asking and Giving Directions, Buying and Selling, dan Attractions and Activities.

Setelah menerima materi, ada refleksi yang dilakukan para siswa, membuat daftar tempat wisata yang ada di setiap distrik Krabi, game untuk menguji pemahaman siswa dan menghilangkan bosan, membuat percakapan jual-beli, serta membuat summary materi selama dua hari.

Hari ketiga adalah touring ke beberapa tempat wisata di Krabi. Diawali ke Pantai Ban Pak Khlong yang berada di Distrik Ko Lanta. Di sana, siswa bersama guru pendamping membersihkan sampah-sampah anorganik yang ada di pantai.

Setelah itu, ke pantai Lhung Tee yang berada di distrik yang sama, dan diakhiri dengan menanam bibit mangrove bersama para polisi daerah Krabi di Mangrove Forest yang terletak di Klong Thom.

Acara seperti itu sangat penting untuk menumbuhkan sikap percaya diri generasi muda untuk bersosialisasi menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Selain itu, juga akan menumbuhkan rasa peduli pada lingkungan sekitar.

Mukminatul Layyinah
Mahasiswa Universitas Negeri Malang di Thailand
layyinahayin@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved