Citizen Reporter

Anak-anak Muda Ini Mengabdi untuk Pantai Bersih

Komunitas Kaktus memilih bersih-bersih pantai dan membuat short movie untuk dipromosikan melalui media sosial agar Pantai Badur di Sumenep terkenal.

Anak-anak Muda Ini Mengabdi untuk Pantai Bersih
ist

Ungkapan mengabdi tentu semua orang sudah tidak asing lagi. Ada banyak cara yang bisa dilakukan mahasiswa untuk mengikuti program pengabdian.

Salah satu bentuk pengabdian yang umum dilakukan adalah mengajar. Namun, hal lain dilakukan organisasi yang bernama Kanca Akrab Tretan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang sering diakronimkan Kaktus.

Mereka adalah organisasi yang berisikan kumpulan mahasiswa yang sedang belajar di Unesa. Organisasi itu memiliki beberapa program kerja, salah satunya Kaktus Mengabdi.

Tahun ini, Kaktus melakukan pengabdian yang berbeda dari sebelumnya. Yang biasanya mereka lakukan dari beberapa tahun lalu adalah mengajar, namun kali ini mereka membuat sebuah perubahan yang baru dengan spirit dan ide yang unik.

Kali ini, Kaktus mengabdi goes to beach. Mereka turun ke Pantai Badur, sebuah pantai yang berlokasi di Kecamatan Batuputih, Kabupaten Sumenep.

Pantai di Madura itu yang masih jarang dikunjungi masyarakat. Kondisi pantai yang kurang teruruslah yang menjadikan organisasi ini berpikir untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk bersih-bersih pantai dan pemasangan papan yang bertuliskan kata-kata sebagai himbauan.

Bukan hanya itu. Mereka juga serempak mempromosikan pantai itu kepada teman-teman di luar Madura melalui akun media sosial. Itu alasan mengapa mereka memilih konsep Mengabdi Bukan Hanya Soal Mengajar.

Jamik, Kepala Desa Batuputih pun mengapresiasikan dan mengizinkan kegiatan itu. Dukungan itu semakin membuat anggota Kaktus bersemangat. Awal Juli 2018 mereka melaksanakan kegiatan Kaktus Mengabdi.

Mereka membersihkan sampah di pantai itu. Berbekal kantong besar, mereka memunguti sampah. Kegiatan mereka berjalan dengan lancar sesuai dengan konsep.

Tak hanya itu, setelah kegiatan bersih-bersih pantai selesai, mereka membuat sebuah short movie yang berisikan dokumentasi selama kegiatan. Mengapa itu dilakukan? Di sisi lain, Kaktus ingin mengenalkan kepada masyarakat luas tentang pengabdian yang tidak hanya mengajar.

Dengan short movie itu pula mereka bisa membantu mempromosikan pantai itu untuk mendapatkan tindak lanjut yang lebih baik lagi. Harapan mereka tidak banyak. Mereka berharap semoga tempat itu mendapatkan perlakuan yang sama seperti pantai-pantai yang sedang tren di masa ini.

Asfidyanti Dwi Bunga
Mahasiswa Sastra Inggris
Universitas Negeri Surabaya
asfidyantidwi@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help