Citizen Reporter

Modal Alam dan Ramah untuk Wisata Budaya

Tulungrejo sudah memiliki suasana alami pedesaan dengan keramahtamahan dan keguyuban warga yang menjadi modal wisata budaya.

Modal Alam dan Ramah untuk Wisata Budaya
ist

Setiap wilayah memiliki keunikan. Kadang-kadang keunikan itu tidak bisa dirasakan penduduk di wilayah itu, tetapi justru dapat dilihat oleh orang di luar wilayah.

Memiliki alam yang alami dengan kehidupan yang tenang membuat para mahasiswa Universitas Negeri Malang berniat mengangkat suasana itu dalam wisata kampung budaya. Situasi seperti itu yang dicari penyuka wisata alam.

Untuk mewujudkan Wisata Kampung Budaya di Dusun Tulungrejo, Desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang, dibuatlah program pengembangan kampung budaya.

Mahasiswa mengajak warga mengembangkan dan menggali potensi budaya mengenai pembiasaan penggunaan pakaian adat Jawa untuk kalangan ibu dan bapak di Dusun Tulungrejo.

Dalam rangka memperkenalkan dan mengembangkan potensi budaya Desa Pujon Kidul, maka diadakan pengenalan pakaian tradisional berupa pakaian kebaya serta tudung untuk ibu-ibu dan udeng untuk bapak-bapak, Sabtu (1/6/2018).

Pakaian adat itu akan digunakan pada wisata kampung budaya yang akan segera diadakan. Pakaian tradisional itu digunakan untuk menjamu tamu yang berkunjung ke Dusun Tulungrejo.

Setelah warga mengetahui desain pakaian adat tradisional, warga Dusun Tulungrejo bersiap-siap menunggu anggaran dana untuk pakaian tradisional yang diadakan. Di era modern itu pakaian adat tradisional sudah sangat jarang ditemui dan dilihat di dalam kehidupan sehari-hari.

Kepala Desa Pujon Kidul mengapresiasi adanya kampung budaya. Mereka sedang menentukan waktu yang tepat untuk melangsungkan peluncuran kampung budaya itu.

Nurfauziah
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Malang
aizah.nuramalia08@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved