Citizen Reporter

Lisa Membuat Bersih Tempat Wisata

Begitu banyaknya tempat sampah, rasanya tidak ada alasan lagi bagi pengunjung untuk tidak membuang sampah pada tempatnya.

Lisa Membuat Bersih Tempat Wisata
ist

Coban Pelangi, wisata alam yang berlokasi di Kecamatan Poncokusumo, adalah salah satu air terjun paling terkenal di kawasan Malang Raya. Air terjun ini dapat dijangkau bila pengunjung berkendara dari Kecamatan Tumpang ke arah Gunung Bromo.

Kini, air terjun ini tidak hanya menyajikan keindahan air terjun yang pada jam-jam tertentu akan membuat pengunjung melihat pelangi. Pengunjung dijamin juga akan menikmati jalur setapak pendakian menuju lokasi ini.

Hal itu menjadi mungkin karena bersihnya lokasinya. Bagaimana pengelolanya berhasil menjadikan tempat itu bersih?

Yang paling menonjol adalah adanya upaya untuk membuat jalur hiking menuju air terjun Coban Pelangi itu bersih, yaitu Lisa. Lisa bukanlah nama orang, tetapi nama program. Kepanjangannya adalah Lihat Sampah Ambil, Buang pada Tempatnya. Pengunjung dapat melihat slogan itu begitu melewati loket masuk ke kawasan wisata alam Coba Pelangi sejak Mei lalu.

Slogan buanglah sampah pada tempatnya bisa dibilang sudah menjadi klise karena biasanya, di tempat yang memiliki tulisan itu masih banyak sampah bertebaran. Akan tetapi, tidak di Coban Pelangi.

Ungkapan itu bukan klise. Sekarang, di sepanjang setapak menuju air terjun, pengunjung akan terus-menerus melihat tempat sampah dari bis sumur kecil, seperti untuk gorong-gorong.

Begitu banyaknya tempat sampah, rasanya tidak ada alasan lagi bagi pengunjung untuk tidak membuang sampah pada tempatnya. Makanya, tidak mengherankan kalau banyak pemandu wisata ke Bromo yang juga mengajak wisatawan asing datang.

Pemandu sering mengajak wisatawan dari negara-negara Eropa yang berkunjung ke Bromo dari Surabaya untuk mampir di air terjun itu. Setiap hari, mudah ditemukan wisatawan yang menikmati setapak menuju air terjun maupun berfoto di air terjun.

Bila ditelisik lebih jauh, program Lisa itu tidak hanya ada di Coban Pelangi. Di Bumi Perkemahan Bedengan, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, bisa juga ditemui Lisa. Lisa menjadi program yang digagas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Program itu merupakan prakarsa yang positif untuk alam Indonesia. Semoga dengan cara itu, masyarakat Indonesia, khususnya para pecinta wisata alam, bisa menaruh harapan akan semakin nyamannya alam. Program itu berpotensi membantu meningkatkan kelestarian dan kebermanfaatan tempat-tempat itu.

Itu tidak hanya menguntungkan manusia, tetapi juga bagi monyet, babi hutan, dan segala jenis flora yang ada di sana. Mari dukung Lisa!

Wawan Eko Yulianto
Dosen Sastra Inggris Universitas Ma Chung dan blogger.
http://timbalaning.wordpress.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help