Pileg 2019

Kemenangan Khofifah Tingkatkan Jumlah Bacaleg Perempuan Partai Hanura Surabaya

"Kami sempat kekurangan bacaleg perempuan. Tapi saat ini, bisa jadi setelah ibu Khofifah menang, kami sampai banyak bacaleg perempuan."

Kemenangan Khofifah Tingkatkan Jumlah Bacaleg Perempuan Partai Hanura Surabaya
surya/fatimatuz zahro
Ketua DPC Partai Hanura Kota Surabaya Edy Rachmat 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Pasca kemenangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak, ternyata berdampak pada peningkatan minat perempuan untuk maju menjadi bakal calon legislatif. 

Hal itu sebagaimana dirasakan di Partai Hanura Kota Surabaya. Sebagai salah satu partai politik pengusung Khofifah-Emil, ternyata kemenangan tokoh pemimpin perempuan yang menjadi gubernur pertama perempuan Jawa Timur itu membuat peningkatan jumlah bacaleg perempuan untuk berebut kursi legislatif di DPRD Kota Surabaya. 

"Kami sempat kekurangan untuk mendapatakan bacaleg perempuan. Tapi saat ini, bisa jadi setelah ibu Khofifah menang, kami sampai banyak bacaleg perempuan. Mulanya kan disyaratnya 30 persen, kami lebih lho, sampai ada 18 orang kami bacaleg perempuan," ucap Ketua DPC Partai Hanura Kota Surabaya Edy Rachmat, Senin (9/7/2018).

Bahkan, dari 52 bacaleg yang akan segera didaftarkan ke KPU Surabaya besok lusa, juga ada bacaleg yang mendaftar dari kalangan Muslimat NU. Sebagimana diketahui, Muslimat NU merupakan organisasi masyarakat perempuan yang dipimpin oleh gubernur Jatim terpilih, Khofifah. 

Menurutnya, beberapa waktu yang lalu pihaknya cukup sempat mengalami kesulitan mendapatkan bacaleg dari kalangan perempuan. Bisa jadi banyaknya partai politik, dan juga banyaknya persyaratan yang harus dipenuhi membuat perempuan tidak mau mencalonkan diri. 

"Kami bersyukur akhirnya sekarang malah berlebih untuk keterwakilan perempuan. Begitu berkas siap dan dimasukkan ke sipol, maka kami akan daftar ke KPU Surabaya," imbuh pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris KOmisi B DPRD Kota Surabaya ini. 

Lebih lanjut, dikatakan Edy, hari ini persiapan pendaftaran bacaleg dari Partai Hanura sudah hampir 100 persen. Saat ini sudah dimulai untuk penomoran untuk bacaleg dari partai Hanura. 

Ia mengatakan dalam Pileg 2019 mendatang, Partai Hanura bisa mendapatkan delapan kursi. Ini akan mendambah tiga kursi yang saat ini diduduki kader Partai Hanura di DPRD Kota Surabaya saat ini. 

"Kami optimis dan sesuai apa yang dari awal saya sampaikan di pileg nanti kami menarget bisa memperoleh sebanyak delapan kursi," ucapnya. 

Demi mendapatkan apa yang diharapkan, dikatakan Edy, pihaknya sudah melakukan pendekatan ke masyarakat di Kota Surabaya.

Baik yang dilakukan personal maupun yang juga dilakukan atas nama partai melalui program-program berbasis masyarakat. 

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help