citizen reporter

Tanam Saja Sayur di Gedebok

Sayuran yang ditanam dalam gedebok pisang tidak perlu disiram karena tanaman akan menyerap air dari gedebok pisang.

Tanam Saja Sayur di Gedebok
ist

Kawasan rumah pangan lestari merupakan salah satu program kerja dari mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Program kerja itu dibuat melihat kondisi geografis Desa Gajahrejo yang terletak di pegunungan kapur yang dekat dengan pantai selatan.

Desa Gajahrejo memiliki tanah yang kurang subur dan kesulitan air. Kondisi itu menyebabkan masyarakat kesulitan mendapatkan sayur mayur.

Sementara itu, di sisi lain Desa Gajahrejo memiliki komoditas unggulan berupa pisang. Akan tetapi, setelah panen kebiasaan masyarakat desa membiarkan gedebok pisang membusuk begitu saja.

Gedebok pisang sebenarnya memiliki banyak kandungan air. Daripada membiarkannya membusuk begitu saja, lebih baik dimanfaatkan sebagai media tanam sayur.

Setelah panen, gedebok pisang biasanya baru benar-benar membusuk setelah 5–6 bulan. Dari satu gedebok pisang bisa digunakan untuk menanam sampai gedebok benar-benar membusuk atau kandungan airnya sudah habis.

Gedebok dapat dimanfaatkan untuk menanam sayur yang memiliki jangka waktu panen singkat seperti sawi, kangkung, atau bawang. Masa panennya hanya sekitar tiga minggu.

Untuk menyukseskan acara itu, mahasiswa menggandeng ibu-ibu PKK, kepala dusun, serta ketua RT dan RW dari Desa Gajahrejo untuk mengundang masyarakat desa. Sosialisasi dan praktik penanam sayur pada gedebok pisang yang diadakan di Balai Desa Gajahrejo.

Acara ini disambut antusias oleh masyarakat. Kebanyakan warga penasaran bagaimana cara menggunakan gedebok pisang sebagai media tanam sayur. Selama ini masih banyak yang menganggap gedebok pisang hanya limbah setelah tandan pisang dipanen.

Acara diawali dengan sosialisasi yang disampaikan Ismi dan Ludvia yang merupakan mahasiswa tingkat akhir Jurusan Biologi UM. Ismi menjelaskan tentang beberapa jenis tanaman yang bisa tumbuh dan memiliki masa panen singkat.

Gedebok pisang yang sudah panen ditebang dan diletakkan horizontal di tanah. Gedebok pisang dilubangi dan diberi jarak 30 cm antarlubang. Gedebok pisang dilubangi dengan kedalaman sekitar 15 cm. Di dasar lubang gedebok ditusuk membentuk pola silang sebagai tempat tumbuhnya akar.

Halaman
12
Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help