Berita Surabaya

Pengemudi Bus AKAP akan Dapat Kartu e-LogBook BNI dan Kemenhub. Ini Kegunaannya

Dengan adanya fungsi finansial dari kartu e-LogBook diharapkan dapat menanamkan kebiasaan transaksi cashless bagi para pengemudi AKAP.

Pengemudi Bus AKAP akan Dapat Kartu e-LogBook BNI dan Kemenhub. Ini Kegunaannya
istimewa
Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi bersama Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Susi Adi Sulistyowati saat menunjukkan kartu e-LogBook untuk pengemudi AKAP. 

SURYA.co.id | SURABAYA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI dan Kementerian Perhubungan RI bekerja sama dalam mengembangkan sistem e-LogBook Pengemudi Angkutan Kota dan Antar Provinsi (AKAP).

Kartu e-LogBook merupakan kartu yang didesain dengan teknologi modern sehingga dapat ditransaksikan melalui jaringan ATM dan mesin EDC (Electronic Data Capture). Kartu itu secara resmi diumumkan pada Acara Malam Apresiasi Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2018 yang digelar akhir pekan lalu.

Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Susi Adi Sulistyowati, mengatakan pihaknya mendukung penuh langkah Kementerian Perhubungan RI dalam memberikan layanan transportasi yang lebih aman dan nyaman bagi masyarakat, terutama Kartu e-LogBook.

"Salah satunya dukungan BNI dengan menambahkan fungsi finansial pada Kartu e-LogBook sehingga akan memudahkan para pengemudi untuk memenuhi kebutuhan saat bertransaksi perbankan," kata Adi Sulistyowati, disela acara yang dihadiri Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi dan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI, Budi Setiyadi.

Dengan adanya fungsi finansial dari kartu tersebut diharapkan dapat menanamkan kebiasaan bertransaksi secara cashless bagi para pengemudi AKAP.

Apalagi kartu tersebut juga akan akan terkoneksi dengan database yang menyimpan identitas serta merekam mobilitas pengemudi, sehingga untuk mengetahui identitas maupun aktivitas pengemudi hanya cukup dengan melakukan scan QR Code pada kartu E-LogBook Pengemudi dimaksud.

Beberapa manfaat lain yang ditawarkan Kartu e- Log Book ini, di antaranya untuk pembayaran di berbagai ruas jalan tol di Jabodetabek dan Non-Jabodetabek dan pembelian BBM pada beberapa Pompa Bensin.

"Selain itu, kartu ini dilengkapi dengan BNI Debit Virtual Account memberikan kemudahan yang sama dengan Kartu Debit BNI namun tidak mengharuskan pemegangnya membuka rekening baru," ungkap Susi, sapaan akrab Adi Sulistyowati.

Logo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) melengkapi fitur dari Kartu Multi Fungsi e-LogBook sehingga dapat diterima di semua mesin EDC (Electronic Data Capture) serta tarif transfer antar ATM menjadi lebih murah. Pada kartu tersebut juga bisa dipeluas manfaatnya dengan ditambahkan manfaat asuransi yang didukung oleh BNI Life.

"Dengan demikian, Kartu Multi Fungsi e-LogBook memiliki fungsi finansial dan juga fungsi non-finansial yang keduanya sama-sama diharapkan dapat mengoptimalkan layanan bagi masyarakat luas khususnya para pengemudi AKAP, selain itu, tentunya BNI juga mendukung Gerakan Nasional Non Tunai atau GNNT yang digelorakan oleh OJK dan Bank Indonesia” ungkapnya.

Sebagai bank milik negara yang baru saja berulang tahun yang ke-72, BNI dan Kementerian Perhubungan RI menyerahkan bantuan CSR (Corporate Social Responsibility) kepada keluarga korban petugas jalan tol yang mengalami kecelakaan pada saat bertugas untuk membantu kelancaran pemudik.

Masih dalam rangka HUT ke-72, pada kesempatan yang sama BNI juga memberikan apresiasi kepada 72 operator angkutan atau 7.200 pengemudi pertama yang mendaftarkan diri untuk memiliki e-LogBook diberikan jaminan asuransi jiwa dan kecelakaan cacat tetap pengemudi.

Melalui acara tersebut Kementerian Perhubungan RI memberikan penghargaan bagi para mitra yang terlibat dalam penyelenggaraan mudik bareng yang telah diselenggarakan Kementerian Perhubungan RI tahun 2018.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help