Citizen reporter

Main Sarung saat Peringatan Hari Kemerdekaan

Seluruh anggota tim bergandengan lalu menyalurkan sarung dari orang pertama ke orang terakhir ditambah amplop yang berisi kata acak.

Main Sarung saat Peringatan Hari Kemerdekaan
ist

Hari kemerdekaan Amerika atau yang lebih dikenal dengan Perayaan 4 Juli, dilaksanakan sedikit berbeda. Perayaan itu dilaksanakan para mahasiswa Program Critical Language Scholarship 2018 di Universitas Negeri Malang.

Mahasiswa merayakannya bersama staf, tutor, dan guru mulai siang hingga malam, Rabu (4/7/2018). Biasanya, mereka hanya menyalakan kembang api, menonton konser musik, atau berkumpul bersama keluarga sambil memasak barbeque.

Kali itu, mereka merayakannya dengan aktivitas yang lekat dengan acara perayaan hari kemerdekaan Indonesia, yaitu lomba. Ada empat permainan yang dilombakan, yaitu topi misteri, estafet sarung, sendok kelereng, dan kibata (kipas balon kata).

Perlombaan itu diikuti oleh mahasiswa, guru, dan tutor. Bagi mahasiswa, permainan itu sangat menyenangkan karena di setiap bagian perlombaan, mereka diminta untuk memiliki strategi yang bagus dan kerja sama tim yang kuat.

Pada permainan estafet sarung, seluruh orang dalam satu tim bergandengan tangan lalu menyalurkan sarung dari orang pertama ke orang terakhir dan kembali lagi ke orang pertama dengan ditambah amplop yang berisi kata acak. Setelah sarung kembali di orang pertama, semua orang menyusun kata acak itu agar menjadi kalimat yang benar.

Malamnya, mereka menikmati makanan dari pedagang kaki lima, seperti nasi goreng, sate, tahu campur, dan ronde. Hampir semua orang mencoba semua makanan.

Selepas itu, acara dilanjutkan dengan berbagai penampilan dari mahasiswa, tutor, maupun guru. Ada yang unjuk gigi bermain cello, bermain piano, pidato, dan stand up comedy dalam bahasa Indonesia, menari tarian Amerika, serta menyanyi dangdut.

Tidak lupa mahasiswa menyanyikan lagu Indonesia Raya dan tutor menyanyikan lagu Stars Spangled Banner.

Semua bersuka cita tanpa ada yang berkelu kesah. Perayaan 4 Juli ditutup dengan kembang api dan lagu fireworks yang dilantunkan Katy Perry.

Septa Widya Etika NIN
Pengajar BIPA
Universitas Negeri Malang
swidya1995@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help