Gunung Agung Kembali Erupsi, Kolom Abu Terpantau Capai 1.500 Meter

Gunung Agung kembali melakukan erupsi, Minggu (8/7/2018) pagi. Hal tersebut dicatat oleh PVMBG Pos Pengawasan pada pukul 05.22 WITA.

Gunung Agung Kembali Erupsi, Kolom Abu Terpantau Capai 1.500 Meter
antara foto
Sejumlah warga menyaksikan asap disertai abu vulkanis keluar dari kawah Gunung Agung yang masih berstatus awas, di Pos Pengamatan Gunung Api Agung, Desa Rendang, Karangasem, Bali, Sabtu (9/12/2017). 

SURYA.co.id - Gunung Agung kembali melakukan erupsi, Minggu (8/7/2018) pagi.

Hal tersebut dicatat oleh Pusat Volkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pada pukul 05.22 WITA.

Dilansir dari Tribunnews, erupsi tersebut memiliki tinggi kolom abu ± 1.500 meter di atas puncak (± 4.642 meter di atas permukaan laut).

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal dan condong mengarah ke barat.

Seismogram merekam amplitudo erupsi tersebut sepanjang 24 mm dan durasi ± 2 menit 38 detik.

Diberitakan sebelumnya, Gunung Agung saat ini berstatus Level III (siaga) dengan rekomendasi masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pengunjung agar tidak berada serta tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya yaitu, pada radius 4 kilometers dari kawah puncak Gunung Agung.

Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi, dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual/terbaru.

Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung, agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan, dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak.

Area landasan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung.

Follow instagram Surya

Penulis: Akira Tandika
Editor: Adrianus Adhi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help