Citizen Reporter

Rayuan Maut untuk Rusa

Sekali masuk penangkaran rusa, hanya 40 pengunjung. Pengunjung dapat melihat rusa dari jarak sangat dekat dan berfoto bersama rusa.

Rayuan Maut untuk Rusa
ist

Bandung menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi para wisatawan, terutama saat libur sekolah. Banyaknya tempat wisata baru membuat orang ingin kembali ke sana.

Salah satu tempat wisata baru yang sedang menjadi favorit wisatawan adalah Kampung Cai Ranca Upas atau yang lebih dikenal sebagai Ranca Upas. Lokasinya di Jalan Raya Ciwidey–Patengan KM 11 Rancabali, Bandung. Daerah itu sekitar 750 meter dari wisata Kawah Putih yang juga berada di daerah Ciwidey.

Awalnya, Ranca Upas dikenal sebagai tempat wisata yang terkenal dengan bumi perkemahannya. Itu karena daerah Ciwidey terkenal dengan hawa dingin sehingga sangat cocok untuk kegiatan perkemahan.

Namun seiring dengan perkembangan wisata, Ranca Upas menambah wahana seperti kolam renang dan penangkaran rusa. Penangkaran rusa di Ranca Upas kini telah menjadi destinasi favorit bagi mereka yang hobi berswafoto.

Tiket masuk di Kampung Cai Ranca Upas pada Sabtu (30/6/2018) Rp 20.000 per orang. Dengan tiket yang relatif murah, pengunjung sudah dapat memasuki semua spot yang disediakan.

Di Penangkaran ini, para pengunjung dapat melihat rusa dari jarak yang sangat dekat dan dengan leluasa bermain serta berfoto bersama rusa. Uniknya, pengunjung yang diperbolehkan untuk memasuki penangkaran rusa hanya 40 orang per sesi. Jadi, semua harus menunggu agar jumlah pengunjung yang memasuki daerah penangkaran tidak melebihi jumlah maksimal yang sudah ditentukan.

Pengunjung dapat memberi makan rusa secara langsung. Penangkaran rusa di Ranca Upas juga menyediakan makanan untuk rusa yang dapat dibeli dengan harga Rp 10.000 untuk seikat wortel dan Rp 5.000 untuk seikat kangkung. Dari kedua jenis makanan yang disediakan, wortel merupakan makanan kesukaan rusa.

Pengunjung yang ingin bermain lebih dekat dengan rusa yang ada di penangkaran Ranca Upas memanfaatkan makanan yang sudah disediakan pengelola Ranca Upas untuk menarik rusa agar dapat berfoto lebih dekat lagi. Cara itu biasanya berhasil.

Rusa yang ada di kandang penangkaran ini sudah jinak sehingga ketika ada pengunjung masuk dan membawa makanan maka rusa-rusa itu akan langsung mendekat.

Raras Kartika Sari
Dosen IKIP Budi Utomo Malang
raraskartikasari@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help