Citizen Reporter

Sebelum Blewah di Tempat Sampah

Jika blewah biasanya hanya dijual langsung, sekarang bisa dijual dalam bentuk berbeda. Blewah dibuat menjadi selai dan sirup.

Sebelum Blewah di Tempat Sampah
ist

Blewah merupakan buah yang sangat menyegarkan karena mengandung banyak air. Dagingnya yang berwarna jingga serta aromanya yang khas membuat buah ini sangat cocok untuk dibuat aneka minuman.

Biasanya blewah dicari saat Ramadan. Di laur bulan itu pun blewah selalu dicari untuk dijadikan es yang segar dan wangi yang khas.

Salah satu desa di Kabupaten Jombang yaitu Desa Tondowulan, Kecamatan Plandaan, menjadi salah satu daerah penghasil blewah. Setiap panen, blewah yang dihasilkan melimpah ruah.
Itu membawa keuntungan bagi masyarakat jika permintaan blewah di pasar meningkat dan harga sesuai harapan. Akan tetapi, dapat juga menimbulkan masalah baru yaitu terbuangnya blewah karena harga di pasar anjlok.

Untuk mengatasi masalah itu, mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang yang berada di desa Tondowulan berinisiatif membuat inovasi dari buah blewah. Jika blewah di desa itu biasanya hanya dijual langsung tanpa ada pengolahan sebelumnya, maka para mahasiswa ingin menjualnya dalam bentuk berbeda. Mereka membuat selai dan sirup blewah.

Sosialisasi pengolahan blewah menjadi selai dan sirup berlangsung di balai desa, Jumat (25/6/2018). Mereka mengundang Tim Penggerak PKK Desa Tondowulan. Setelah mengetahui semangat para ibu itu, mereka langsung mempraktikkan, Senin (25/6/2018).

“Kegiatan ini sangatlah menarik dan bermanfaat bagi masyarakat. Potensi desa berupa blewah sudah saatnya dikembangkan untuk kemajuan Desa Tondowulan,” tutur Wijonarko, Kepala Desa Tondowulan.

Acara praktik memasak dimulai pukul 10.00. Para peserta yang berjumlah sekitar 20 orang dibagi menjadi empat kelompok. Setiap kelompok didampingi satu mahasiswa. Diiringi musik dangdut, para ibu-ibu PKK membuat sirup dengan penuh semangat. Bahkan sebagian dari mereka memasak sambil bergoyang.

Denata, salah satu penanggung jawab kegiatan menutup acara dengan mengumumkan kelompok yang berhasil membuat sirup dengan rasa yang pas. Sirup ini dapat menjadi salah satu produk unggulan Desa Tondowulan dan bisa menjadi oleh-oleh khas Jombang.

Nur Sholikhah
Jurusan Ekonomi Pembangunan
Universitas Negeri Malang
nursholikhah99@yahoo.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help