Citizen Reporter

Ini yang Wajib Dipelajari oleh Duta Madura

Cakap berbicara dan mengenal kebudayaan Madura sangat penting. Itu karena para duta berada di Pulau Madura yang kaya budaya.

Ini yang Wajib Dipelajari oleh Duta Madura
ist

Budaya adalah warisan leluhur yang wajib dilestarikan. Tidak hanya tari-tarian dan musik atau gamelan, tetapi kebiasaan-kebiasaan baik seperti sopan santun dan tolong menolong (gotong-royong) harus juga dilestarikan.

Sudah biasa hadirnya brand ambassador wisata yang dibentuk untuk memantik semangat berwisata dan promosi pariwisata di suatu daerah. Duta wisata adalah nama yang sering dikenal. Akan tetapi, berbeda dengan itu, mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Universitas Trunojoyo Madura (UTM) mengadakan pemilihan Duta Budaya Fisib 2018.

Pemilihan Duta Budaya Fisib ini dilakukan setiap tahun. Pada 2018, duta budaya dipilih untuk mengawal pelestarian budaya khususnya budaya Madura. Duta budaya sebagai pelopor bagi mahasiswa yang lainnya untuk mengenal dan melestarikan budaya Madura baik di Madura dan nasional.

Sebelum malam puncak pemilihan Duta Budaya Fisib 2018, panitia mengadakan Karantina dan Technical Meeting kepada seluruh peserta Duta Budaya. Karantina dan Technical Meeting dilaksanakan di Aula Mini Ruang Kuliah Bersama E (RKB-E) UTM, Minggu (1/7/208).

Dalam karantina itu disajikan beberapa materi sebagai modal menjadi Duta Budaya Fisib 2018. Materi yang disampaikan oleh beberapa dosen Fisib ini berupa materi kepribadian, kebudayaan, public speaking, dan beauty class.

Alfiyah Nur Rohmah sebagai Duta Budaya Fisib 2017 mengatakan, pemilihan itu dilakukan setiap tahun untuk menunjukkan kebudayaan Madura di kancah nasional. Namun kali ini berbeda, tahun 2018 ini diberikan pelatihan dan karantina supaya calon duta budaya menjadi pelopor kebudayaan kepada seluruh mahasiswa Fisib UTM.

Karantina dan technical meeting yang diikuti 30 peserta itu berlangsung satu hari. Peserta yang terdiri atas mahasiswa Sosiologi, Sastra Inggris, Psikologi, dan Ilmu Komunikasi UTM.

Mereka antusias untuk mengikuti pemilihan. Selain status sebagai Duta Budaya Fisib 2018 yang diemban, nanti juga ada banyak hadiah yang diberikan kepada pemenang pada waktu malam puncak, Kamis (6/7/2018). Mereka wajib paham budaya Madura dan cakap dalam public speaking.

“Cakap dalam berbicara di depan orang banyak dan mengenal kebudayaan Madura sangat penting. Itu karena kita berada di Pulau Madura yang kaya budaya sehingga mereka mampu mengenalkan budaya Madura kepada mahasiswa dan masyarakat,” tutur Didik, Juara 1 Duta Budaya Fisib 2017.

Aditya Ramadhani Pratama
Duta Budaya Fisib 2017
Mahasiswa Sosiologi, Universitas Trunojoyo Madura
aditkudit16@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help