Pileg 2019

Hingga Hari Kedua Pendaftaran, Belum Ada Bacaleg yang Daftar di KPU Surabaya

Dua hari pendaftaran bakal calon legislatif, belum ada pendaftar yang menyerahkan berkas ke KPUD Kota Surabaya.

Hingga Hari Kedua Pendaftaran, Belum Ada Bacaleg yang Daftar di KPU Surabaya
surya/fatimatuz zahro
Ketua KPU Surabaya Nur Syamsyi 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Dua hari pendaftaran bakal calon legislatif, belum ada pendaftar yang menyerahkan berkas ke KPUD Kota Surabaya.

Ketua KPU Surabaya Nur Syamsyi mengatakan, pendaftaran bacaleg dibuka sejak kemarin Rabu (4/7/2018). Pendaftaran akan ditutup pada Selasa (17/7/2018).

"Sesuai tahapan penyerahan dokumen pendataran bacaleg partai politik dimulai pada tanggal 4 Juli hingga 17 Juli 2018. Sampai hari ini dari 16 parpol yang ditetapkan pusat sebagai peserta Pileg 2019, belum ada yang mendaftar," kata Nur Syamsyi, Kamis (5/7/2018).

Lebih lanjut Nur Syamsyi mengatakan bahwa secara prinsip syarat dan ketentuan pendaftaran bacaleg tidak ada perubahan dibandingkan periode sebelumnya.

Yang mendaftar harus memenuhi persyaratan seperti bebas pelanggaran tindak pidana, bebas napza, bebas pelanggaran pelecehan anak dan bebas dari pelanggaran korupsi.

"Yang beda itu adalah bebas dari pelanggaran pelecehan anak. Selain itu kalau untuk tes kejiwaan, tes kesehatan jasmani dan rohani semua sama," lanjut Nus Syamsi.

Pendaftaran bacaleg partai politik dikatakannya dibuka setiap hari. Sejak pagi mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.000 WIB. Khusus di tanggal penutupan atau hari terakhir, pendaftaran akan dibuka mulai pukul 08.00 hingga pukul 24.00 WIB.

Di Surabaya terbuka maksimal 50 calon legislatif pendaftar, termasuk 30 persen perempuan, dari 16 partai politik yang sudah dinyatakan lolos verifikasi dari KPU pusat.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Musahadah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved