Citizen Reporter

Tabungan yang Ini Harus Dirawat

Masyarakat sering memanfaatkan pohon gaharu sebagai bahan pembuat parfum, wewangian, kosmetik, obat medis, kerajinan, dan sebagainya.

Tabungan yang Ini Harus Dirawat
ist

Mengambil peran dalam pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang mengadakan kegiatan bertemakan lingkungan. Mereka menggelar penanaman pohon gaharu bersama warga setempat, Selasa (26/6/2018) di Desa Putat Lor, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang.

Mahasiswa meyakini, dengan penanaman pohon gaharu dapat membantu warga desa dari sisi ekonomi maupun sebagai penghijauan lingkungan desa. Kayu gaharu memiliki berbagai bentuk dan warna yang khas, serta memiliki kadar damar wangi.

Gaharu berasal dari marga tumbuhan Aquilaria. Masyarakat sering memanfaatkan pohon itu sebagai bahan pembuat parfum, wewangian, kosmetik, obat medis, kerajinan, dan sebagainya.

Pembudidayaan pohon gaharu dilakukan di lahan seluas 630 meter persegi. Karena dikerjakan bersama, penanaman hanya membutuhkan waktu 1 jam, mulai pukul 09.00.

Dua hari sebelumnya, mahasiswa membabat lahan yang akan ditanami pohon gaharu. Itu dilakukan mengingat lahan yang akan ditanami penuh tanaman liar. Lahan harus dibersihkan untuk memudahkan penanaman dan supaya bibit dapat tumbuh subur.

Penanaman menggunakan pola tanaman monokulktur dalam bentuk perkebunan besar (estate). Untuk membentuk kawasan kebun gaharu secara monokultur diperlukan sumber daya manusia yang profesional serta sarana dan prasarana yang memadai.

Mahasiswa mengadakan penyuluhan tentang manfaat pohon gaharu, Minggu (25/6/2018). Saat itulah warga dikenalkan pada profil gaharu dan manfaat pohon gaharu secara menyeluruh, cara perawatan, penanaman yang baik dan tepat, serta cara mengembangkan bisnis pohon gaharu.

Gufron, salah satu warga berharap pemberdayaan pohon gaharu dapat menjadi solusi bagi warga desa untuk mengembangkan potensi alam, khususnya lahan warga yang kurang difungsikan dengan baik. Itu juga untuk meningkatkan sumber daya manusia yang cinta lingkungan baik dari sisi pengetahuan tentang manfaat pohon gaharu dan keterampilan warga tentang pengelolaan pohon gaharu.

Alex Dwi Prastiawan
Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang
alexputra065@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help