Pilkada 2018

Sebut Banyak Kejanggalan, Saksi Gus Ipul-Puti di Gresik Tolak Tanda Tangan Hasil Rekapitulasi

Saksi dari pasangan calon Gus Ipul dan Puti menolak tanda tangan hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilgub Jatim di Gresik.

Sebut Banyak Kejanggalan, Saksi Gus Ipul-Puti di Gresik Tolak Tanda Tangan Hasil Rekapitulasi
surabaya.tribunnews.com/sugiyono
Rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilgub Jatim yang digelar KPU Gresik di Hotel Saptanawa, Rabu (4/7/2018). 

SURYA.co.id | GRESIK - Tim saksi pasangan Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf - Puti Guntur Soekarno menolak membubuhkan tanda tangan dalam rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara yang diadakan KPU Kabupaten Gresik, Rabu (4/7/2018).

Imam Munawar, salah satu tim saksi Cagub-cawagub Jatim Gus Ipul - Mbak Puti mengatakan, bahwa dari bukti-bukti yang dibacakan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) saat pleno rekapitulasi, masih banyak yang janggal. 

Seperti di Kecamatan Benjeng, ada selisih dalam daftar pemilih tambahan (DPTb) dan di Kecamatan Duduksampeyan ditemukan amplop yang seharusnya disegel tapi tidak tersegel.

"Walaupun kotak suara tersegel. Tapi amplop DA1 tidak tersegel. Di Benjeng itu juga ada perbedaan hitungan," kata Imam Munawar, Rabu (4/7/2018).

Imam mengatakan bahwa perolehan suara pasangan nomor urut dua yaitu Gus Ipul - Mbak Puti di Kabupaten Gresik meraih suara sebanyak 251.351 suara. Sedangkan calon Gubernur Khofifah Indar Parawansa - Emil Elistianto Dardak memperoleh suara 345.598 suara.

"Ada selisih perolehan suara sebanyak 94.247 suara dari total daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 900.962 seluruh Kabupaten Gresik," imbuhnya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Gresik, Imron Rosyadi mengatakan bahwa dari rapat pleno KPU Kabupaten Gresik sudah dilakukan pembetulan, sehingga perolehan suara masing-masing calon tidak berubah.

"Perubahan data itu tidak mempengaruhi DPT dan bisa dibetulkan dengan berita acara yang disaksikan masing-masing saksi," kata Imron.

Hingga berita ini diturunkan, Ketua KPU Kabupaten Gresik, Akhmad Roni belum dapat dimintai keterangan. 

Baca: Saksi Gus Ipul Saksi Menolak Tanda Tangan Rekapitulasi di Kabupaten Tulungagung. Ini Alasannya

Penulis: Sugiyono
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help