Berita Gresik

Prajurit TNI di Gresik Bangun Saluran Air untuk Warga

Kodim 0817 Gresik menerjunkan pasukan untuk membangun dan membersihkan saluran air di desa untuk menunjang pertanian

Prajurit TNI di Gresik Bangun Saluran Air untuk Warga
surabaya.tribunnews.com/sugiyono
Anggota Kodim 0817 Gresik membersihkan saluran air di wilayah Kecamatan Balongpanggang. Kebersihan tersebut diharapkan bisa melancarkan air dan bermanfaat bagi pertanian, Rabu (4/7/2018). 

SURYA.co.id | GRESIK - Kodim 0817 Gresik menerjunkan pasukan untuk membangun dan membersihkan saluran air di desa-desa agar bisa dimanfaatkan sebagai penunjang pertanian.

Tugas itu dilaksanakan dalam kaitannya dengan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Dandim 0817 Gresik, Letkol (Kav) Widodo Pujianto yang diwakili Kasdim Mayor Arh Suwanto mengatakan, tugas TMMD ini untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan hidup melalui perbaikan saluran air.

"Jika air lancar, bisa untuk meningkatkan pertanian," katanya, Rabu (4/7/2018).

Pembangunan saluran air dilaksanakan di Kecamatan Balongpanggang yang sering mengalami kekeringan dan banjir dari luapan Sungai Kali Lamong.

"Secara pemetaan wilayah, desa di Kecamatan Balongpanggang membutuhkan saluran air sehingga saat hujan air bisa mengalir dengan lancar," sambungnya. 

Suwanto mengatakan, saat ini jajaran Koramil sudah berhasil membangun saluran air sepanjang 104 meter dan 217 meter.

"Saluran air sepanjang itu dikerjakan dengan penuh kelompokan dan semangat pengabdian prajurit terhadap perekonomian Indonesia," imbuhnya.

Lebih lanjut Suwanto mengatakan bahwa TMMD ini juga untuk membantu program pemerintah dalam meningkatkan swasembada pangan nasional dengan membantu perbaikan dan kebersihan saluran air.

"Air sangat diperlukan bagi lahan pertanian sehingga dengan perbaikan saluran air diharapkan bisa meningkatkan pendapatan petani," katanya. 

Penulis: Sugiyono
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help